Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 21 Jun 2022 18:10 WITA ·

Kenalkan Sejarah, Ketua DPRD Bulungan Inisiasi Rayakan Hari Jadi Teluk Selimau


Kenalkan Sejarah, Ketua DPRD Bulungan Inisiasi Rayakan Hari Jadi Teluk Selimau Perbesar

BULUNGAN – Sejarah panjang, sebuah kampung akhirnya berdiri di tengah hutan dan berada dekat dengan sungai, dan akhirnya oleh warga setempat diberi nama Teluk Selimau.

Secara geografis Teluk Selimau masuk di kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kilat seorang warga Teluk Selimau dan sekaligus saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bulungan mengatakan bahwa saat ini tidak banyak yang mengetahui asal usul atau sejarah berdirinya Teluk Selimau apalagi generasi saat muda saat ini.

Dengan dasar itu, sebagai anak daerah Kilat berinisiasi untuk mengangkat kembali sejarah Teluk Selimau agar anak-anak generasi penerus bisa mengetahui sejarah Teluk Selimau.

“Rencana kita akan merayakan hari ulang tahun Teluk Selimau. Intinya kita ingin menjelaskan sejauh pada anak – anak kita seperti apa awal Teluk Selimau,” ujarnya kepada fokusborneo.com, Selasa (21/6/2022).

Ia mengatakan, ini adalah ulang tahun ke 40 namun menjadi yang pertama yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2022.

“Kita rayakan di Gereja, nanti kita libatkan semua masyarakat tidak hanya Nasrani, tanggal 26 kita di Gereja kemudian rangkaiannya sampai tanggal 2 Juli syukuran,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kilat sedikit mengulas tentang sejarah Teluk Selimau dimana yang menarik adalah tentang perpindahan masyarakat saat terjadi kemarau panjang dan mencari tempat baru untuk bercocok tanam dan bermukim.

“Orang tua kami dulu termasuk orang tua saya membawa kapal besar untuk survei, dan menemukan daerah ini, buat padi bagus karena berada di daerah pasang surut air,” terangnya.

Alasan dinamakan Teluk Selimau karena memang orang tua dahulu melihat sungai ini berbentuk Teluk dan cukup panjang, maka dibuatlah Teluk Selimau.

Lebih lanjut, Kilat mengatakan makna Teluk Selimau juga sangat berarti bagi dirinya, dimana dari sebuah kampung Teluk Selimau lahir seorang Ketua DPRD Kabupaten Bulungan dan ini juga menjadi alasan harus dirayakan.

“Kalau kalian lihat ini buat saya secara pribadi artinya Tuhan memberikan hikmat untuk orang tua kami dulu membawa dan tidak pernah mereka memikirkan bahwa dari Teluk Selimau ini lahir seorang ketua DPRD,” pungkasnya. (her/Iik)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

29 Juni 2022 - 20:39 WITA

Peringati Harganas, Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stunting

29 Juni 2022 - 20:14 WITA

Menunggu 11 Tahun, 68 Calon Jamaah Haji Tarakan Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

29 Juni 2022 - 15:10 WITA

RT Karang Anyar Bersatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Aki Balak

29 Juni 2022 - 10:52 WITA

Terduga Lesbian Tanjung Pasir Pertanyakan Alasan Akan Diusir, Mereka Siap Rehabilitasi

28 Juni 2022 - 23:50 WITA

Gubernur Berikan Bantuan di Dua Lokasi Kebakaran

28 Juni 2022 - 23:44 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!