Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Feb 2023 19:53 WITA ·

Menuju Desa Cerdas Melalui Optimalisasi TBM di Tana Tidung


					Menuju Desa Cerdas Melalui Optimalisasi TBM di Tana Tidung Perbesar

TIDENG PALE – Bupati Kabupaten Tana Tidung (KTT) Ibrahim Ali mengapresiasi pelaksanaan “Workshop optimalisasi peran taman bacaan masyarakat (TBM) desa menuju desa cerdas yang berkelanjutan di Kabupaten Tana Tidung”.

Workshop ini bekerjasama dengan inovasi Kaltara untuk dapat membina Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga desa, yang dilaksanakan pada Senin (13/2/2023) pagi.

width"300"

“Diharapkan kegiatan ini akan membawa dampak yang luar biasa bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah hingga desa dalam membumikan budaya baca yang tentunya tidak hanya sampai pada terbangunnya minat baca saja tetapi juga terbangunnya budaya menulis yang simultan dan berkelanjutan, katanya.

width"300"

Sebagai informasi pada tahun 2022 TP PKK Kabupaten Tana Tidung yang dinahkodai oleh ibu Vamelia Ibrahim, terus berupaya membantu pemerintah daerah KTT dalam mengatasi penurunan minat belajar (learning loss) akibat pandemi Covid-19 dengan mewujudkan nawacita menjadikan masyarakat Upun Taka menjadi masyarakat yang literat dengan program prioritasnya yaitu Satu Desa Satu Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan sudah berdiri 32 TBM pada bulan April 2022 lalu.

Baca Juga : Soal Anggaran Pilkada Tarakan 2024, Ini Penjelasan Kesbangpol

“Sejak berdirinya 32 TBM di KTT secara signifikan meningkat pula budaya gemar membaca di masyarakat khususnya pada anak-anak usia dini, anak sekolah tingkat dasar, maupun masyarakat buta huruf,” ucapnya.

width"300"

Ibrahim Ali berharap semoga berbagai terobosan baru dapat semakin meningkatkan dan mengoptimalkan peran taman bacaan masyarakat yang ada di 32 desa ini serta menjadi episentrum TBM berdaya di Kaltara.

“Saya berharap dengan adanya workshop optimalisasi peran TBM desa menuju desa cerdas yang berkelanjutan di kabupaten Tana Tidung, dapat menjadi perhatian seluruh pengurus TBM yang ada di 32 desa untuk dapat terus melakukan berbagai gebrakan-gebrakan baru yang sarat akan inovasi dan kreatifitas. Pemerintah daerah tentu akan mensupport berbagai kegiatan yang dilakukan oleh TP-PKK Kabupaten Tana Tidung baik dukungan secara moril maupun materil yang harapannya akan terwujud Upun Taka yang berperadaban, sejahtera, indah dan humanis”, ungkapnya. (her/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 119 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Enam Peserta Bersaing dalam Pemilihan Duta Baca

19 Juni 2024 - 16:59 WITA

blank

Khairul Akan Paparkan 3 Bacalon Wakilnya ke Parpol

19 Juni 2024 - 08:40 WITA

blank

Momen Idul Adha 1445 H, Wali Kota Balikpapan Salurkan 1000 Kantong Daging Kurban kepada Penerima Manfaat

19 Juni 2024 - 05:52 WITA

blank

Bawaslu Kaltara Segera Aktifkan Badan Ad Hoc Awasi PSU di Tarakan

19 Juni 2024 - 05:36 WITA

blank

Momen Idul Adha, Anggota DPR RI Deddy Sitorus Serahkan 7 Ekor Sapi Kurban Se-Kaltara

18 Juni 2024 - 22:05 WITA

blank

Vamelia Ibrahim Panen Raya di Kebun Kelompok Tani KWT 

18 Juni 2024 - 20:54 WITA

blank
Trending di Daerah