Menu

Mode Gelap

Pemkot Tarakan · 13 Jan 2023 17:32 WITA ·

Optimalkan PAD, DPRD Sarankan Bangunan Rusunawa Diperbaiki untuk Maksimalkan Tingkat Hunian


					Anggota Komisi 3 DPRD Kota Tarakan kunlap ke Rusunawa Boom Panjang. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota Komisi 3 DPRD Kota Tarakan kunlap ke Rusunawa Boom Panjang. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN –  Komisi 3 DPRD Kota Tarakan sarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan memperbaiki bangunan Rusunawa Boom Panjang. Upaya ini, untuk memaksimalkan tingkat hunian agar bisa menambahkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kota Tarakan.

width"300"

Saran itu, disampaikan ketika Komisi 3 DPRD Kota Tarakan melakukan kunjungan lapangan ke UPT Rusunawa Boom Panjang, Kamis (12/1/23). Dalam kunlap ini, diikuti anggota Komisi 3 DPRD Kota Tarakan yang terdiri dari Abdul Kadir, Dapot Sinaga, Maslan, Sriwati, dan Andi Muslim.

width"300"
width"400"

“Tadi sudah kami sampaikan kepada Kepala UPT untuk menginventarisir seluruh bangunan gedung itu, yang rusak yang tidak memenuhi syarat untuk ditinggali supaya di inventarisir dan dibuatkan estimasi anggarannya kira-kira berapa,” kata Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tarakan Abdul Kadir kepada Fokusborneo.com usai kunlap.

width"400"
width"450"
width"500"

Kondisi bangunan lantai 4 dan 5 Rusunawa Boom Panjang. Foto : Fokusborneo.com

Sebagai salah satu penyumbang PAD, Komisi 3 meminta bangunan rusunawa perlu ada pemeliharaan dan perbaikan khususnya di lantai 4 dan 5 karena banyak kerusakan. Supaya hunian rusunawa bisa dioptimalkan.

width"400"
width"500"
width"500"

“Karena kalau melihat kondisi yang ada sekarang khusus di lantai 4 dan lantai 5, sudah tidak memenuhinya syarat. Kalau dipakai itu, saat air bak di isi atau orang mandi atau orang cuci piring, rembes kebawah maka memang perlu penanganan secara serius supaya bangunan gedung itu tetap bermanfaat bagi masyarakat,” ujar politisi PAN.

width"300"

Baca jugahttps://fokusborneo.com/daerah/2023/01/04/ini-penyebab-kawasan-wisata-ratu-intan-pantai-amal-belum-dibuka/

PAD yang dihasilkan dari sewa rusunawa, bisa sampai Rp 1,3 miliar setahun dengan hanya 93 hunian. Sedangkan jumlah hunian keseluruhan sebanyak 198 unit.

“Daripada pemerintah berpikir untuk mencari sumber PAD baru, lebih baik memaksimalkan yang ada. Dari total hunian 93 unit, sudah bisa menghasilkan  Rp 1,3 miliar sedangkan jumlah total kamar itu ada kurang lebih 198 unit kan belum ada separuhnya kalau kita kali 2 bisa lebih dari itu kalau kita tingkatkan, itu estimasinya,” bebernya.

Bangunan Rusunawa Boom Panjang. Foto : Fokusborneo.com

Komisi 3 DPRD Kota Tarakan juga mendorong, UPT Rusunawa Boom Panjang bisa mandiri. Salah satunya dengan menaikan biasa sewa setelah seluruh fasilitas yang ada diperbaiki.

“Tadi saya coba secara pribadi berdiskusi dengan pegawai UPT ini kan APBD kita masih seret, bagaimana caranya UPT rusunawa itu bisa mandiri. Maksudnya sekali pemerintah investasi diperbaiki, setelah itu UPT nya silahkan menentukan harga standar yang kira-kira bisa dia hidupi sendiri atau bisa mandiri,” pungkasnya.

Baca jugahttps://fokusborneo.com/politik/2022/12/28/tok-raperda-pengelolaan-keuangan-daerah-disetujui-dprd-tarakan-jadi-perda/

Jika pengelolaan rusunawa bisa mandiri, anggaran untuk pemeliharaan dan perbaikan tidak perlu lagi membebani APBD. Begitu juga dengan gaji cleaning servis dan pegawainya.

“Supaya gedung itu terjaga tetap baik sesuai dengan umurnya, kalau dia gak dirawat pasti gak sesuai dengan umurnya. Estimasi umur bangunan gedung itu kan ada, tapi kalau dia tidak dirawat dia akan hancur dengan sendirinya,” tutupnya.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 123 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Matangkan Jumlah Kursi Dukungan, Hasan Basri Akan Mendaftar ke Parpol Lain

13 April 2024 - 21:14 WITA

blank

PKS Kaltara Akan Lakukan Pedalaman Kepada Calon Sudah Kembalikan Berkas Penjaringan

12 April 2024 - 23:32 WITA

blank

15 April 2024, PDIP Tarakan Buka Pendaftaran Penjaringan Calon Kepala Daerah

12 April 2024 - 22:48 WITA

blank

Buktikan Keseriusan, Hasan Basri Kembalikan Berkas Penjaringan Gubernur ke PKS

12 April 2024 - 22:28 WITA

blank

PDI-P Tana Tidung Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Mulai 15 April 2024

10 April 2024 - 17:32 WITA

blank

Hendrik Tetap Maju Calon Wakil Bupati Tana Tidung di Pilkada 2024

9 April 2024 - 10:39 WITA

blank
Trending di Daerah