Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 28 Mei 2021 19:20 WITA ·

2 SMP di KTT Jadi Pilot Project Pelaksanaan PTM


2 SMP di KTT Jadi Pilot Project Pelaksanaan PTM Perbesar

TANA TIDUNG – Pemerintah daerah kabupaten Tana Tidung membuka pembelajaran tatap muka (PTM) sejak April lalu. Sebelumnya, Kabupaten Tana Tidung melakukan pilot project di dua SMP yang berada di dua kecamatan zona hijau. Selain protokol kesehatan, proses pembelajaran juga menjadi perhatian utama dalam membuka kembali pembelajaran tatap muka ini.

Bupati, Ibrahim Ali dalam berbagi kesempatan mengemukakan bahwa PTM sebagai salah satu upaya mengurangi potensi learning loss akibat belajar dari rumah. Misi meningkatkan sumber daya manusia kabupaten Tana Tidung akan sulit dicapai apabila generasi saat ini mengalami kemunduran belajar.

Walau demikian, pembukaan pembelajaran dilakukan secara hati-hati. Protokol kesehatan diatur secara ketat dan dimonitoring secara berkelanjutan.

Selain itu, proses pembelajaran difokuskan pada keterampilan literasi, numerasi, dan karakter. Hal ini dilakukan agar guru tidak mengejar ketuntasan materi pada kurikulum.

“Di awal penerapan PTM, kita fokuskan pada habituasi protokol kesehatan dan pemulihan kemampuan belajar dengan melakukan formative assesment. Pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan siswa berdasarkan hasil assesment tersebut” kata Irdiansyah saat membuka Training of Trainer Fasilitator Daerah Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa, pada Kamis (27/5/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Manager INOVASI Kaltara, Handoko mengatakan kebijakan Tana Tidung dalam mengelola pembelajaran di masa pandemi telah menjadi praktik baik dan diakui oleh Kemdikbud.

Menurutnya Tana Tidung fokus untuk menjangkau seluruh siswa, memberikan materi dan cara pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa, serta melakukan asesmen. Kebijakan ini sangat relevan untuk menghadapi masa pandemi COVID-19.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan Tana Tidung untuk menghadapi masa-masa darurat ini,” tutupnya.(*/her/Iik)

Sumber : Dinas Pendidikan Kab.Tana Tidung

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah