Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Politik · 29 Mei 2021 14:14 WITA ·

Program Pemberdayaan RT Belum Merata, Rusli Jabba Minta Kembali Dianggarkan di APBD-P 2021


Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Tarakan Rusli Jabba. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Tarakan Rusli Jabba. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Tarakan Rusli Jabba berharap kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tarakan dr. Khairul-Effendhi Djufrianto untuk merealisasikan janji politiknya yaitu program pemberdayaan di 447 Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kota Tarakan.

Rusli meminta program pemberdayaan di 447 RT, dianggarkan pada APBD perubahan 2021. Dalam janji politiknya, Khairul-Effendhi Djufrianto akan mengganggarkan sebesar Rp50 juta sampai Rp200 juta per wilayah RT.

“Bahwa janji kontrak politiknya Wali Kota yaitu Rp50 juta per wilayah RT yang semestinya berjalan mulus di 447 RT. Karena ada refocusing akhirnya ada wilayah RT tidak terisi, makanya pokir (Pokok Pikiran) dewan diminta mengisi supaya terpenuhi semuanya,” kata Rusli Jabba.

Dijelaskan Rusli, adanya program pemberdayaan RT ini, membuat pembangunan bisa merata hingga ke lorong-lorong. Sebab adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, membuat program pemberdayaan RT yang sudah direncanakan tidak berjalan maksimal.

“Program pemberdayaan RT ini sebenarnya lebih tepat sasaran, karena pembahasanya melibatkan Ketua RT, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, tokoh masyarakat dan masyarakat sendiri. Selama ini usulan yang diperjuangkan lewat Musrembang mulai tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota sampai 10 tahun, tidak ada yang diterima,” ujar pria juga menjabat sebagai Ketua FKKRT Kota Tarakan.

Sebagai perwakilan masyarakat dan Ketua RT Rusli berharap, program pemberdayaan RT bisa dianggarkan di APBD perubahan dan bisa terealisasi dengan cepat. Sehingga terciptanya pembangunan yang merata di setiap wilayah hingga ke pelosok dan lorong-lorong di Kota Tarakan.

“Sebenarnya ini bukan hal baru sebab program serupa sudah sukses diterapkan di beberapa daerah seperti di Malinau, Kota Bontang dan Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Ini perlu kita tiru agar Kota Tarakan semakin maju,” tutup anggota DPRD Kota Tarakan dari dapil Tarakan Timur.(Wic)

Artikel ini telah dibaca 108 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kembali Fasilitasi Vaksinasi Dosis Kedua, Deddy Sitorus Ingatkan Warga Tetap Jaga Prokes

29 November 2021 - 14:09 WITA

Aklamasi, Tasa Gung Terpilih Jadi Ketua DPC Hanura Bulungan

29 November 2021 - 13:24 WITA

Desa Binusan Diusulkan Jadi Desa Wisata, Deddy Sitorus Akan Temui Menparekraf

26 November 2021 - 19:39 WITA

Dorong Pengembangan Pariwisata, DPRD KTT Studi Banding Ke Malinau

23 November 2021 - 21:23 WITA

AHY Ketum Demokrat Yang Sah Diakui Negara

23 November 2021 - 19:04 WITA

Hasan Basri : Serikat Buruh Jangan Berpolitik Praktis

22 November 2021 - 19:24 WITA

Trending di Nasional