Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 10 Okt 2021 14:14 WITA ·

Warga RT 5 Desa Tideng Pale Timur Kompak Gelar Kerja Bakti Lingkungan


Warga RT.05 Desa Tideng Pale Timur melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar Perbesar

Warga RT.05 Desa Tideng Pale Timur melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

TIDENG PALE – Hari minggu atau hari libur, diberbagai tempat sering dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti dapat berupa membersihkan lingkungan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan tanaman, membetulkan penerangan jalan, atau membangun fasilitas publik tertentu. Hal ini sangat positif, lingkungan menjadi bersih, sehat dan terang.

Guna menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan, warga RT 05 Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap menggelar gotong royong minimal 2 bulan sekali setiap hari Minggu.

Meskipun saat ini wabah virus Covid-19, di Indonesia belum selesai alias belum berakhir, namun tidak menahan dan semangat warga untuk bersama sama kerja bakti membersihkan lingkungan.

Ketua RT 05 desa Tideng Pale Timur Kecamatan Sesayap, Arwin mengatakan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi antar warga.

“Gotong royong ini adalah salah satu bentuk kepedulian warga Desa Tideng Pale Timur dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Kami berharap dukungan elemen masyarakat untuk dapat menciptakan lingkungan bersih butuh kerja sama semua pihak,” kata Arwin, ketua RT 05 Desa Tideng Pale Timur.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada warganya yang semangat ikut dalam gotong royong, dan kedepan agar lebih peduli untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

“Kami tidak henti-hentinya mengajak warga untuk selalu membiasakan hidup bersih dan sehat, terlebih lagi saat ini di masa pandemi yang masih berlangsung,” ujar Arwin

Parlansyah, warga RT 05 Tideng Pale menambahkan bahwa manfaat positif kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa, RW atau RT. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya.

“Agenda dapat disesuaikan dengan budaya dan kehidupan setempat. Misal, kerja bakti diagendakan pada peringatan hari kemerdekaan, musim penghujan, atau momen lainnya,” ucapnya.

Kemudian,salah satu tokoh masyarakat setempat, Agus Salim saat ditemui media fokusborneo.com di sela sela kerja bakti mengutip sebuah ayat ;
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan menyakiti tetangganya”. (HR Bukhari)

“Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap sahabatnya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap tetangganya.” (HR Tirmidzi)

Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti demikian terlihat jelas dalam uraian di atas. Ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial. Juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, selain manfaat yang diperoleh secara individual.

“Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga. Silaturahmi dalam kerja bakti dapat memonitor seseorang, misalnya sedang keluar kota, berhalangan atau sakit. Dengan demikian warga dapat mengkondisikan, memberi bantuan atau pertolongan,” ujarnya.

Ada beberapa di lingkungan kota, dengan kehidupan modern yang makin individual, tidak jarang ada saja rumah tangga yang tidak mau berinteraksi.

“Dalam banyak hal, tetangga yang tertutup ini memiliki masalah. Melalui silaturahim hasil kerja bakti, dapat mendeteksi hal-hal yang mencurigakan, kemiskinan, tindakan kriminal, atau gangguan sosial lainnya,” tutup Agus salim. (her/Iik)

Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aklamasi, Tasa Gung Terpilih Jadi Ketua DPC Hanura Bulungan

29 November 2021 - 13:24 WITA

Pangdam VI MLW Kunjungan Kerja Perdana ke Kaltara

29 November 2021 - 13:03 WITA

Mulai 29 November, 806 Peserta Akan Ikuti SKB CPNS Kaltara

29 November 2021 - 11:32 WITA

KM Subur Indah Hilang Kontak di Perairan Pantai Amal

29 November 2021 - 10:05 WITA

Pemprov Tingkatkan Antisipasi Terhadap Bencana dan Konflik Sosial

28 November 2021 - 21:04 WITA

Seribu Orang Hadiri Syukuran Deddy Sitorus

28 November 2021 - 16:45 WITA

Trending di Daerah