Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 29 Apr 2022 03:10 WITA ·

Diserahkan, Ini Isi Rekomendasi DPRD untuk LKPJ Wali Kota Tarakan 2021


Ketua DPRD Kota Tarakan Al Rhazali menyerahkan rekomendasi LPKJ kepada Walikota Tarakan.Foto : Humas Perbesar

Ketua DPRD Kota Tarakan Al Rhazali menyerahkan rekomendasi LPKJ kepada Walikota Tarakan.Foto : Humas

TARAKAN – DPRD Kota Tarakan serahkan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Tarakan 2021. Penyerahan ini, diberikan dalam rapat Paripurna Anggota DPRD Kota Tarakan, Sabtu (23/4/22).

Penyerahan surat rekomendasi LKPJ Wali Kota Tarakan 2021, diberikan langsung Ketua DPRD Kota Tarakan Al Rhazali dan diterima Wali Kota Tarakan dr. Khairul.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Kota Tarakan Muhammad Yusuf mengatakan Sebelum merumuskan rekomendasi, Pansus LKPJ melakukan uji petik dengan mengunjungi pembangunan SMP Negeri 14 di daerah Pasir Putih, Kelurahan Karang Anyar. Ada 6 poin rekomendasi yang diberikan DPRD kepada pemerintah Kota Tarakan.

Ketua Pansus LKPJ Muhammad Yusuf menyerahkan rekomendasi LKPJ Walikota kepada Ketua DPRD Kota Tarakan Al Rhazali

“Poin pertama DPRD merekomendasikan kepada Pemerintah Kota Tarakan untuk memperbaiki penyajian data dan memberikan penjelasan secara rinci dalam setiap bidang, khususnya permasalahan, upaya mengatasi permasalahan dan tindaklanjut rekomendasi DPRD, terhadap beberapa program yang ada dengan memperhatikan  sitematika penulisan LKPJ .

“Ini agar lebih tersusun dan sistematis, sehingga mudah untuk mengevaluasinya. Faktanya, pada laporan, hampir keseluruhan bidang tidak melaporkan permasalahan, upaya mengatasi permasalahan dan tindaklanjut rekomendasi DPRD,” kata Muhammad Yusuf.

Poin kedua dijelaskan Yusuf Middu sapaan akrap Muhammad Yusuf, berdasarkan LKPJ disampaikan, bahwa pandemi COVID-19 masih menjadi persoalan utama yang mengganggu perekonomian masyarakat dan menaikkan angka kemiskinan serta pengangguran. Maka direkomendasikan agar pemerintah Kota Tarakan untuk melakukan sistem penganggaran yang berorientasi untuk memulihkan perekonomian masyarakat pasca COVID-19.

“Itu yang kami tekankan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tarakan.

Poin 3 ditambahkan Yusuf Middu, DPRD merekomendasikan upaya peningkatan kompetensi dan kapasitasnya manajemen SDM ASN terus dilakukan, agar mampu berinovasi dan membuat terobosan-terobosan yang progresif dalam rangka berupaya melaksanakan capaian target kinerja yang dibebankan.

Sedangkan poin keempat, dijelaskan Yusuf Middu perlu dilakukan upaya yang komperhensif dalam memaksimalkan realisasi anggaran pada tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama yang tingkat realisasi yang kurang dibawah 50% atau kategori rendah (R).

“Poin kelima perlunya upaya pemerintah Kota Tarakan untuk mengoptimaliskan  bidang pendidikan, kesehatan dan pekerjaan umum dalam rangka mempercepat pembangunan Kota Tarakan sesuai dengan visi misi yang di tuangkan dalam RPJMD,” pungkas politisi Partai NasDem.

Poin terakhir atau keenam diterangkan Yusuf Middu supaya penyusunan LKPJ pada tahun berikutnya dikoordinasikan secara komperhensif dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar setiap data yang disajikan lebih maksimal.

“Kami DPRD berharap rekomendasi sudah diberikan benar-benar dijalankan untuk perbaikan penyusunan LKPJ kedepannya,” tutup Yusuf Middu.(Mt)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

29 Juni 2022 - 20:39 WITA

Peringati Harganas, Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stunting

29 Juni 2022 - 20:14 WITA

Menunggu 11 Tahun, 68 Calon Jamaah Haji Tarakan Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

29 Juni 2022 - 15:10 WITA

RT Karang Anyar Bersatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Aki Balak

29 Juni 2022 - 10:52 WITA

Terduga Lesbian Tanjung Pasir Pertanyakan Alasan Akan Diusir, Mereka Siap Rehabilitasi

28 Juni 2022 - 23:50 WITA

Gubernur Berikan Bantuan di Dua Lokasi Kebakaran

28 Juni 2022 - 23:44 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!