Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 21 Jun 2022 16:28 WITA ·

LLK Tarakan Buka Pendaftaran Magang dan Bekerja di Jepang Lewat Jalur Mandiri


Kepala UPTD LLK Kota Tarakan Andi Arfan, SE. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Kepala UPTD LLK Kota Tarakan Andi Arfan, SE. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Lembaga Latihan Kerja (LLK) Kota Tarakan membuka pendaftaran bagi masyarakat ingin magang dan bekerja di Jepang melalui jalur mandiri. Bagi masyarakat ingin mendaftar, bisa langsung datang ke Kantor LLK Kota Tarakan.

“Kami sekarang terus komunikasi untuk menindaklanjuti kerjasama ini. Intinya mereka sudah siap, nantinya persyaratan akan disampaikan melalui zoom meeting,” kata Kepala LLK Kota Tarakan Andi Arfan kepada Fokusborneo.com, Selasa (21/6/22).

Untuk kebutuhan tenaga kerja yang ingin magang maupun bekerja dijelaskan Arfan, bakal disampaikan saat zoom meeting antara pihak LLK Kota Tarakan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kebun dan perusahaan di Jepang.

“Jadi penempatan magang dan tenaga kerja ini, nanti disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang di Jepang,” jelas Arfan.

Bagi masyarakat ingin mendaftar magang maupun bekerja di Jepang secara mandiri, dikatakan Arfan dipersilahkan datang ke  Kantor LLK Kota Tarakan. Tahap awal ini, dibutuhkan minimal 20 orang untuk membuka pelatihan sebelum berangkat ke Jepang.

width"450"
width"425"

“Jadi pendaftar nantinya akan diseleksi, setelah itu baru ikuti pelatihan berbahasa Jepang. Sebenarnya prioritas kami alumni LLK tetap juga terbuka untuk umum,” ujar Arfan.

Untuk menekan biaya pelatihan bahasa dan budaya Jepang, ditambahkan Arfan bakal dilaksanakan di LLK Kota Tarakan. Pelatihan ini, bisa memakan waktu sekitar 4 bulan.

“Kita ini kan LLK memfasilitasi nantinya dari pada pelatihan di Jakarta kan memakan biaya cukup banyak lebih baik dilaksanakan di Tarakan bisa menghemat seperti biaya penginapan, konsumsi, dan lain-lainnya,” beber Arfan.

Pengurusan paspor, dikatakan Arfan dilakukan di Kota Tarakan. Sehingga prodak tenaga kerja yang sudah jadi, tinggal diberangkatkan.

“Mungkin nanti di Jakarta tidak lama perkiraan 3 hari baru berangkat ke Jepang. Jadi nanti tinggal tergantung kemampuan individu masing-masing orang, kalau cepat bisa mengerti bahasa dan budaya Jepang cepat juga berangkatnya,” tutup Arfan.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 1.191 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Di Depan Menhub, Gubernur Zainal Minta Pembangunan KIHI Libatkan Pengusaha Lokal

19 Agustus 2022 - 22:31 WITA

Berkunjung ke Kediaman Dr Salim, UAS: Silaturahim Menambah Keberkahan

19 Agustus 2022 - 22:00 WITA

Ketua DPRD Jamhari Ikuti Jalan Santai Bersama Ribuan Warga KTT

19 Agustus 2022 - 21:48 WITA

Fungsi Steam Deck untuk Apa Sih? Gamers Wajib Tahu!

19 Agustus 2022 - 19:34 WITA

Hasan Basri Terpilih Jadi Ketua Komite III DPD RI

19 Agustus 2022 - 17:32 WITA

Dampak Pencemaran Sungai, PDAM Tana Tidung Stop Produksi

19 Agustus 2022 - 17:20 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!