Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 19 Agu 2022 17:20 WITA ·

Dampak Pencemaran Sungai, PDAM Tana Tidung Stop Produksi


Direktur PDAM Kabupaten Tana Tidung, Erwin Perbesar

Direktur PDAM Kabupaten Tana Tidung, Erwin

TANA TIDUNG – Dampak tercemarnya sungai Sesayap, PDAM Tirta Sungai Sesayap Kabupaten Tana stop sementara produksi air bersih.

Dirut PDAM Tirta Sungai Sesayap, Erwin mengatakan pihaknya bersama instansi terkait sudah melakukan pengecekan dan uji sampel di beberapa titik untuk mengetahui kualitas bahan baku air bersih.

Tim melakukan pengecekkan dan uji sampel di beberapa titik yaitu perbatasan Malinau – Tana Tidung, kemudian di Intake Sedulung, Intake Ahmad Yani, lalu dia titik di pelabuhan Sesayap dan Bebatu.

“Saya dengan tim DLh mengambil sampel dan langsung mengirim untuk dilakukan uji lab di Sucofindo Tarakan,” jelas Erwin, Jumat (19/8/2022).

Dari hasil uji lab tersebut, PDAM Tirta Sungai Sesayap akhirnya mengentikan produksi dan pendistribusian air bersih kepada pelanggan sejak Kamis (18/8) sore.

“Kemarin Maghrib kita langsung hentikan produksi sampai hari ini kita stop sambil melihat kondisi air dan terus kita kontrol, kalau memang sudah pulih kita distribusikan kembali karena kebutuhan air bersih sangat mendesak,” terangnya.

Erwin mengatakan, informasi secara resmi juga telah disampaikan kepada pelanggan melalui media sosial dan sebelumnya juga diimbau kepada pelanggan untuk menampung air bersih.

“Kita sudah berupaya melakukan antisipasi, mudah – mudahan dengan beberapa hari kedepan pulih pencemaran ini karena kita berharap sekali. Karena sumber air kita ini hanya 1 titik di sungai Sesayap artinya kita tidak memiliki alternatif,” ungkapnya.

 

Dengan kondisi saat ini, PDAM memiliki kesempatan untuk membuat perencanaan kedepan bersama PUPR maupun Provinsi sehingga kejadian serupa bisa diatasi. (her/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 150 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Mobile Legend Student Cup Sukses Digelar di Tarakan, Telkomsel Launching Kartu GameMAX Tarakan

26 September 2022 - 12:30 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!