Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Derap Nusantara · 30 Sep 2022 23:24 WITA ·

Berita ANTARA Foto Video Infografis Keluar Profil Nusantara DPRD harap Sekolah Zero Karbon jadi standar pembangunan sekolah negeri


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan pada peresmian Sekolah Net Zero 2022 di SD Negeri Ragunan 08, Jakarta, Rabu (37/09/2022). (Yoanita HD)  Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan pada peresmian Sekolah Net Zero 2022 di SD Negeri Ragunan 08, Jakarta, Rabu (37/09/2022). (Yoanita HD)

Jakarta, (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo berharap sekolah berkonsep net zero Karbon menjadi standar baru bangunan sekolah-sekolah negeri di Jakarta.

Karena, kata pimpinan Komisi Bidang Kesra tersebut, saat ini baru ada empat sekolah net zero karbon yang mengadopsi konsep masa depan dengan keramahan lingkungannya, yang baru diresmikan beberapa waktu lalu.
“Kami harap tidak berhenti di empat sekolah ini saja. Kita jadikan ini standar baru bangunan sekolah negeri,” kata Anggara dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
Anggara mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta harus menargetkan kapan semua sekolah negeri di Jakarta memiliki bangunan dengan adopsi konsep masa depan lingkungan itu. “Kalau ini terwujud akan menambah kebanggaan para peserta didik sekolah negeri Jakarta,” tuturnya.
Walau begitu, Anggara juga mengingatkan agar Pemprov DKI Jakarta memperhatikan keterbatasan sekolah negeri khususnya di kelurahan yang belum memiliki sekolah baik tingkat SD, SMP, maupun SMA.
“Harus diingat juga kita punya tugas memenuhi kebutuhan dasar akses pendidikan. Nyatanya masih ada 165 kelurahan yang belum memiliki SMA, 89 kelurahan belum punya SMP, dan 16 kelurahan belum punya SD,” ucapnya.
Penambahan sekolah itu sangat penting karena saat ini banyak yang sulit bersaing masuk sekolah negeri akibat keterbatasan kuota.”Dengan sistem zonasi sekarang, kan kasihan wilayah yang tidak punya sekolah. Kami minta Pemprov DKI percepat pembangunan sekolah-sekolah ini dengan konsep net zero ini,” tutur Aanggara.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan empat “Sekolah Net Zero 2022” di SD Negeri Ragunan 08 di Jakarta, sebagai bagian dari upaya memajukan pendidikan sesuai perubahan zaman. “Hari ini, Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang memiliki ‘net zero school'”, kata Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu (28/9).
“Sekolah Net Zero 2022” adalah bangunan sekolah berkonsep memiliki emisi rendah karbon, hemat saat dioperasikan, serta sebagian besar kebutuhan energinya berasal dari energi terbarukan.
Konkretnya rancang bangun gedungnya mengoptimalkan ventilasi alam dan pencahayaan alami sehingga mengurangi emisi gas karbon akibat penggunaan energi listrik.
Pemerintah provinsi DKI Jakarta membangun “sekolah net zero” di empat lokasi dengan menggunakan APBD senilai Rp126 miliar dan merupakan sekolah percontohan menuju target Jakarta menuju kota emisi nol pada 2050.
Empat “Sekolah Net Zero” 2022 itu adalah SD Negeri Ragunan 08 di Kecamatan Pasar Minggu, SD Negeri Duren Sawit 14 di Kecamatan Duren sawit kemudian SD Negeri Grogol Selatan 09 di Kecamatan Kebayoran dan SMA 96 Jakarta di Kecamatan Cengkareng.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor : Adi Lazuardi

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kepala Balai : Bahasa Indonesia masih “terjajah” di ruang publik

28 Desember 2022 - 16:50 WITA

Luhut tegaskan pentingnya teknologi kelola sumber daya air

28 Desember 2022 - 16:40 WITA

Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional 2022

28 Desember 2022 - 16:30 WITA

Mempertahankan surplus dagang pada 2023

28 Desember 2022 - 16:21 WITA

Pemkab Biak Numfor perkuat kebutuhan pangan lokal pada 2023

11 Desember 2022 - 16:34 WITA

Warna baru pendidikan tinggi berkat Merdeka Belajar Kampus Merdeka

1 Desember 2022 - 16:41 WITA

Trending di Derap Nusantara
error: Alert: Content is protected !!