Menu

Mode Gelap

Derap Nusantara · 11 Des 2022 16:34 WITA ·

Pemkab Biak Numfor perkuat kebutuhan pangan lokal pada 2023


					Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap melakukan panen cabai di kebun warga mendukung pengendalian inflasi daerah 2022. ANTARA/HO-Humas Setda Biak Perbesar

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap melakukan panen cabai di kebun warga mendukung pengendalian inflasi daerah 2022. ANTARA/HO-Humas Setda Biak

Biak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua akan memperkuat penyiapan kebutuhan pangan lokal jenis ubi-ubian dan sagu pada 2023 untuk mengantisipasi potensi krisis pangan di berbagai kampung dan distrik.

“Pemkab Biak Numfor sudah merancang program pangan lokal melalui dinas terkait. Kami sudah mengantisipasi krisis pangan dunia dengan berbagai strategi kebijakan daerah,” ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Biak, Sabtu.

Bupati Herry Naap menjelaskan jenis ubi-ubian dan sagu merupakan pangan lokal sangat cocok dengan lahan perkebunan untuk dikembangkan masyarakat dari berbagai kampung.

width"450"

Jenis ubi-ubian dan sagu yang dapat diolah menjadi pop mie atau mie instan, lanjut Herry Naap, dapat menjadi kebutuhan pokok pangan lokal sehari-hari bagi warga kampung setempat.

“Pemkab Biak Numfor akan menyiapkan bibit tanaman jenis ubi-ubian dan sagu untuk dibagikan kepada masyarakat guna mempersiapkan kebutuhan pangan lokal,” kata Herry Naap.

Selain pengadaan bibit tanaman pertanian, menurut dia, pihak Pemkab Biak Numfor melakukan pengadaan peralatan untuk menopang program pangan lokal sektor perikanan dan pertanian.

“Potensi perikanan di Biak Numfor jenis ikan tuna sangat menjanjikan sehingga ke depan akan disiapkan kegiatan industri rumahan untuk mendukung program pengalengan ikan tuna di Biak Numfor, ” kata Herry Naap.

Sesuai program ke depan, menurut dia, Biak disiapkan menjadi lumbung pangan lokal di wilayah adat Saereri meliputi Kampung Biak, Supiori, Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Dalam analisa prediksi kami jika semua program ini berjalan lancar maka Biak akan menjadi lumbung pangan lokal di Papua,” katanya.

Ia meminta dukungan dari masyarakat dan pimpinan OPD lingkungan Pemkab Biak Numfor untuk memastikan kebijakan program pangan lokal berjalan di 2023.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Satyagraha

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 25 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Hadiri Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral, Bupati Tana Tidung Ajak Seluruh Pihak Dukung Pelaksanaan Satu Data Indonesia

24 Juni 2024 - 16:21 WITA

blank

Forkopimda Malinau Antisipasi Potensi Gangguan Jelang Pilkada 2024

20 Juni 2024 - 06:15 WITA

blank

Pengurus DPP KPM Bone Provinsi, DPK KPM Bone Bulungan dan IWK Kaltara Resmi Dilantik

30 Juli 2023 - 16:14 WITA

blank

KPU Tana Tidung Tetapkan Jumlah DPT Pemilu 2024 Sebanyak 19.868

21 Juni 2023 - 08:12 WITA

blank

Jangan Hanya Seremonial, Wagub Yansen: Maknai Harkitnas Dengan Berjuang Bersama

29 Mei 2023 - 22:23 WITA

blank

Harlah 1 Abad NU, PW NU Kaltara Gelar Istighosah Kubro dan Ceramah Agama

13 Februari 2023 - 16:00 WITA

blank
Trending di Derap Nusantara