Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 9 Nov 2021 09:22 WITA ·

JOB Simenggaris Gelar Pelatihan Untuk Kelompok Wanita Tani di Tana Lia


Tingkatkan Ketahanan Pangan di Wilayah Operasi, JOB Simenggaris Gelar Pelatihan Untuk Kelompok Wanita Tani di Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung. Foto:IST Perbesar

Tingkatkan Ketahanan Pangan di Wilayah Operasi, JOB Simenggaris Gelar Pelatihan Untuk Kelompok Wanita Tani di Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung. Foto:IST

TANA LIA – Kebutuhan Pangan di Indonesia untuk saat ini masih dalam kondisi cukup. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada Triwulan II 2020 Produk Domestik Bruto sektor pertanian tumbuh 16,24 persen (Q to Q). Pada triwulan III dan IV, PDB pertanian tumbuh masing-masing 2,15 persen dan 2,59 persen (Y on Y). Sektor ini mampu menjadi penyelamat memburuknya resesi ekonomi nasional.

Namun lambat laun, pangan akan menjadi masalah besar jika terjadi penurunan produksi pertanian dan kurangnya lahan pertanian produktif akibat perluasan pemukiman. Diversifikasi tanaman adalah salah satu solusi dan upaya penganekaragaman jenis usaha tanaman untuk menghindari ketergantungan pada salah satu jenis tanaman.

Terbatasnya pemanfaatan lahan produktif untuk pertanian merupakan salah satu penyebab diberlakukannya diversifikasi pertanian. Selain itu, tanah-tanah pertanian yang terlalu lama ditanami, lambat laun juga akan mengalami penurunan kualitas, baik dari kandungan nutrisi tanah. Bahkan sampai mengurangi kemampuan tanah dalam penyediaan air dan unsur hara.

JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) mengadakan pelatihan perbanyakan tanaman secara vegetatif melalui metode cangkok dan okulasi selama dua hari di Kecamatan Tana Lia, pada 5 – 6 November 2021.

Pelatihan ini merupakan upaya menyebarluaskan cara-cara perbanyakan tanaman. Selain itu juga bertujuan meningkatkan motivasi dan pemahaman kepada kelompok tani tentang penganekaragaman jenis usaha tanam pangan masyarakat berupa perbanyakan tanaman buah secara vegetatif.

“Ketahanan pangan adalah suatu kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Salah satu indikator ketahanan pangan adalah presentase rumah tangga dengan proporsi pengeluaran untuk pangan 65% dari total pengeluaran,” kata Community Development JOB Simenggaris Joehar Borgot Simanjuntak saat sambutan membuka acara pelatihan di Tana Lia, Jumat (5/11).

Oleh karenanya, pria yang akrab disapa Pak Borgot ini menekankan pentingnya keberadaan dan peran vital petani dalam memproduksi bahan pangan guna memenuhi kebutuhan sendiri minimal produksi untuk kebutuhan desa.

“Bisa dibayangkan, kalau petani jagung, petani buah atau petani sayuran tidak mau bertani, bisa dipastikan akan ada krisis pangan hebat di negara kita. Maka dari itu, bulatkan tekat, niatkan dan tanamkan dalam benak kita untuk menjadikan sektor pertanian menjadi unggul dan terdepan,” katanya.

Pelatihan ini diberikan kepada masyarakat, dengan tujuan agar kelompok tani di Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung mampu menyediakan dan memproduksi Bibit buah-buahan unggul dari hasil perbanyakan vegetatif.

“Sehingga kami harapkan Kecamatan Tana Lia dapat menjadi Sentra penangkaran bibit unggul dan bahkan dapat menjadi sentra penghasil buah-buahan guna memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pangan masyarakat,” tutup Borgot. (*)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Satu Bal Sabu Ditemukan di Lapas Tarakan, Diduga Dilempar Dari Luar dan Salah Sasaran

5 Desember 2021 - 15:37 WITA

Pengurus PCI Kaltara Resmi Dilantik, Siap Berjuang Tampil di PON 2024

4 Desember 2021 - 16:54 WITA

UMK Tarakan Tahun 2022 Ditetapkan Rp 3.774.378,35

4 Desember 2021 - 15:39 WITA

Pendapatan Naik 104 Persen, Bupati Ibrahim Ali Apresiasi PDAM KTT

4 Desember 2021 - 11:41 WITA

Luhut Panjaitan Kunjungi Provinsi Kaltara

3 Desember 2021 - 20:06 WITA

Persiapan Groundbreaking KIPI, 9 Perusahaan Mancanegara Siap Investasi di Kaltara

3 Desember 2021 - 20:00 WITA

Trending di Advetorial