Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 14 Nov 2023 19:11 WITA ·

Borneo Forum Ke 6 GAPKI Digelar di Kaltara, Dorong Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat


					Pukul Gong, Ketum GAPKI Eddy Martono Buka Forum Borneo Ke 6 di Kota Tarakan, Provinsi Kaltara. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Pukul Gong, Ketum GAPKI Eddy Martono Buka Forum Borneo Ke 6 di Kota Tarakan, Provinsi Kaltara. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Borneo Forum Ke 6 Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Seluruh Indonesia (GAPKI) dilaksanakan di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (14/11/2023) di Hotel Tarakan Plaza, Jalan Yos Sudarso Tarakan.

Borneo Forum Ke 6 dengan tema “Mewujudkan Sawit Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Rakyat” dihadiri ratusan pengusaha kelapa sawit di wilayah Kalimantan, Sumatera, serta dihadiri langsung Ketua Umum GAPKI Eddy Martono.

width"300"
width"300"

“Kegiatan ini dihadiri Cabang GAPKI dari Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kaltara, Sumatera Utara, Sumatera Barat. Dapat kami laporkan peserta yang hadir lebih kurang 200 orang, ditambah 50 orang mahasiswa UBT Fakultas Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Kaltara, Kabupaten/Kota,” jelas Afrizon, ketua Panitia.

width"300"

Dalam kegiatan ini, juga digelar pameran UMKM di lokasi acara, kemudian talk show industri Kelapa Sawit yang akan membahas tiga topik penting yakni, peremajaan sawit rakyat (PSR), persoalan area perkebunan sawit yang masuk dalam kawasan hutan dan pengembangan kebun sawit rakyat.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Ketua Cabang GAPKI Kaltara, Hendra Lintung menyampaikan tema dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar rangkaian kata, tapi sebagai wujud komitmen bersama memastikan pengembangan industri kelapa sawit yang dapat memberikan manfaat perekonomian bagi bangsa dan masyarakat.

“Tentu dengan perkembangan teknologi saat ini juga menjadi tantangan, sehingga masyarakat perlu didorong dan difasilitasi sehingga produktivitas sawit terus meningkat,” ujarnya.

width"300"

Melalui kegiatan ini diharapakan dapat menciptakan dampak positif bagi industri kelapa sawit, perkebunan sawit masyarakat, maupun sawit yang berada di kawasan hutan.

width"400"

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) GAPKI pusat, Eddy Martono usai membuka Forum Borneo Ke 6 mengatakan, industri sawit sangat penting dan perlu dilindungi dan dilestarikan.

width"400"

Ada dua isu yang sedang berkembang dan perlu dibahas dalam diskusi kali ini, yakni peremajaan sawit rakyat yang masih ada kendala dan perkebunan sawit yang masuk dalam kawasan hutan.

“Luas sawit di Indonesia saat ini mencapai 16,3 juta hektar dan lebih dari 40 persennya milik rakyat, dan di Indikasi ada sekitar 3,4 juta hektar masuk dalam kawasan hutan dan untuk anggota GAPKI sendiri seluas 722 ribu hektar masuk dalam kawasan hutan,” ungkapnya.

Kemudian untuk kawasan perkebunan sawit di Kalimantan sendiri mencapai 6 juta hektar atau menyumbang 36,7 persen dari total luas lahan sawit di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Eddy mengungkapkan bahwa industri sawit di Indonesia memiliki peran penting salah satunya menyumbang devisa negara melalui ekspor.

Meski produksi sawit di Indonesia cukup besar namun Indonesia juga sebagai konsumen terbesar pengguna minyak sawit.

“2021 – 2022 kita produksi sawit sebesar 3 juta ton, dengan angka ekspor 77 persen dan tahun ini turun menjadi 60 persen karena untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang terus meningkat, maka kita perlu dukungan semua pihak untuk melakukan peremajaan sawit rakyat agar produktivitasnya bisa naik,” terangnya.

Eddy menegaskan jika tidak ada kenaikan produksi maka yang menjadi korban adalah devisa negara melalui ekspor, dan tentu dampak lainya Indonesia bisa menjadi negara Importir. (wic/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 72 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Tanam Cabai dengan Metode Proliga di Bulungan, Upaya BI Kaltara Tingkatkan Produksi

22 Juni 2024 - 00:21 WITA

blank

PLN Jadi Perusahaan Utilitas Terbaik Se-Kawasan Versi Fortune 500 Asia Tenggara

21 Juni 2024 - 21:30 WITA

blank

Singgung Etika Review Produk dr Richard Lee, Pengamat: Hati-hati Buat Statement Kalau Bukan Ahlinya

21 Juni 2024 - 11:08 WITA

blank

Kolaborasi KPwBI dan Pemprov Kaltara dalam Pengendalian Inflasi

20 Juni 2024 - 19:13 WITA

blank

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

19 Juni 2024 - 17:17 WITA

blank

Penjabat Walikota Tarakan Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Idul Adha 1445 H

15 Juni 2024 - 11:44 WITA

blank
Trending di Daerah