Menu

Mode Gelap

Daerah · 18 Mei 2024 20:55 WITA ·

Terpasang di 10 Titik, Starlink Resmi Uji Coba di IKN


					Starlink layanan internet berbasis satelite milik Elon Musk akhirnya resmi terpasang di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan produk inovasi SpaceX. Pemasangan Starlink sendiri difasilitasi oleh lembaga konsulat dunia, yaitu Tony Blair Institute (TBI). 
Perbesar

Starlink layanan internet berbasis satelite milik Elon Musk akhirnya resmi terpasang di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan produk inovasi SpaceX. Pemasangan Starlink sendiri difasilitasi oleh lembaga konsulat dunia, yaitu Tony Blair Institute (TBI).

NUSANTARA – Starlink layanan internet berbasis satelite milik Elon Musk akhirnya resmi terpasang di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan produk inovasi SpaceX. Pemasangan Starlink sendiri difasilitasi oleh lembaga konsulat dunia, yaitu Tony Blair Institute (TBI).

“Kita sudah melakukan pemasangan sebanyak 10 titik dibeberapa titik kunci di Ibu Kota Nusantara dan semua difasilitasi langsung oleh TBI,” tutur Senior Manager – Strategic Communications Tony Blair Institute For Global Change, Tomy Soetjipto dihubungi via whatsapp 18/5.

width"300"
width"300"

Menggunakan teknologi satelite low earth menjadi keunggulan utama Starlink yang memungkinkan pemasangan secara cepat dan praktis tanpa perlu bergantung pada infrastruktur telekomunikasi kabel serat optik.

width"300"

“Saat pemasangannya ada di Hutan Kota, Puskesmas Sepaku III, Rumah Sakit Mayapada, Rest Area & Sentra UMKM Nusantara, Kampung Argo Mulyo, SMKN 1 PPU, Kampung Bukit Raya, PSSI, RSUD Sepaku, dan Bandara VVIP, untuk jaringan sementara belum untuk publik,” tuturnya lagi.

Pemasangan di daerah-daerah tersebut bukan tanpa sebab, karena tempat-tempat ini merupakan area strategis pelayanan publik di sektor pendidikan, kesehatan dan keamanan.

“Pemasangan ini juga dilakukan untuk menunjang kinerja masyarakat sekitar dengan internet sehingga bisa berkembang lebih pesat,” ucapnya tersenyum.

width"300"

width"400"

Jaringan internet yang stabil dan memiliki kecepatan yang baik menjadi salah satu komponen kunci mewujudkan visi kota cerdas atau smart city di Nusantara. Kini masyarakat ibu kota bisa menjajal internet lebih kencang dari yang biasanya.

width"400"

“Pemasangan Starlink kit ini menandakan sebuah lompatan yang signifikan, kami berharap pencapaian ini akan menarik lebih banyak minat dari mitra OIKN baik yang sudah ada maupun yang akan datang untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital di Nusantara,” tutupnya.

Terpisah, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Muhammad Ali Berawi mengatakan saat ini pemasangan Starlink untuk tujuan uji coba.

“Device Starlink terpasang untuk Proof of Concept (PoC) yang akan menguji kecepatan akses internet dan kehandalan device yang tersedia, nanti kita lihat hasil uji cobanya” singkatnya dihubungi via whatsapp (18/5).(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 23 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pemkab Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

24 Juni 2024 - 20:55 WITA

blank

Coklit Perdana di Rumdin Wali Kota, Bustan : Saya Sudah Warga Tarakan

24 Juni 2024 - 20:36 WITA

blank

Puluhan Warga Karang Anyar Tertipu Sumbangan Agustusan

24 Juni 2024 - 18:09 WITA

blank

Gubernur Buka Pelantikan DPW-ADI Kaltara 2024-2029, Dorong Inovasi Pendidikan

24 Juni 2024 - 16:23 WITA

blank

Pemerintah Bahas Percepatan Rehabilitasi Mangrove

24 Juni 2024 - 13:36 WITA

blank

Calon Wakil Ibrahim Ali Mengerucut ke Satu Nama

23 Juni 2024 - 20:37 WITA

blank
Trending di Daerah