Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Olah Raga · 15 Nov 2022 22:03 WITA ·

Syamsuddin Arfah Apresiasi Gubernur Bantu Biayai Atlet Renang Sevanya Bertanding di Malaysia


Anggota DPRD Provinsi Kaltara Syamsuddin Arfah bersma Sevanya Emanuel Yus. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Kaltara Syamsuddin Arfah bersma Sevanya Emanuel Yus. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Syamsuddin Arfah mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) khususnya Gubernur telah membantu biaya transportasi dan akomodasi atlet renang Kota Tarakan Sevanya Imanuel Yus untuk mengikuti SEA Age Group Swimming Championships 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Saya berharap karena ini aset kedepan, jangan sampai ini juga terambil orang lain. Sehingga ini menjadi warning dan perhatian buat pemerintah Kaltara,” kata Syamsuddin Arfah kepada awak media, Selasa (15/11/22).

Syamsuddin bersyukur kesulitan dan kendala yang dihadapi Sevanya bisa diselesaikan setelah menghadap ke Gubernur Kaltara Zainal Paliwang. Sebelumnya orangtua Sevanya sudah bertemu dengan Koni Kaltara, hanya ada perbedaan persepsi sehingga tidak ada kejelasan.

width"450"

“Sebenarnya sempat ketemu dengan Komite olahraga, mungkin komunikasinya belum nyambung saja waktu itu sehingga ada miss persepsi lah. Setelah saya komunikasikan dengan Gubernur, gayung bersambut Gubernur langsung respon dan menyiapkan kebutuhannya tiket pulang pergi, akomodasi dan lain sebagainya disiapkan Gubernur,” jelas politisi PKS.

Syamsuddin Arfah menilai, bantuan biaya transportasi dan akomodasi yang diberikan Pemprov Kaltara kepada Sevanya sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam pembinaan atlet. Apalagi, ajang yang bakal diikuti merupakan even internasional.

“Karena saya tahu bahwa kakaknya yaitu Angel Gabriela Yus berprestasi dan diambil DKI Jakarta, seharusnya asetnya Kaltara. Makanya saya berpikir jangan sampai terulang untuk adiknya,” beber Syamsuddin Arfah.

Sebagai Komisi yang membidangi olahraga, dikatakan Syamsuddin bakal berusaha mencarikan biaya supaya Sevanya tetap bisa berangkat mengikuti even internasional tersebut gimana pun caranya.

“Tadinya kalau saya gak tembus Gubernur, saya akan cari dengan cara saya untuk bisa bantu. Apakah tiketnya pulang pergi dengan akomodasi atau bagaimana bisa lah sharing dengan beberapa hal,” pungkas Syamsuddin Arfah.

Anggota DPRD Provinsi Kaltara Syamsuddin Arfah. Foto : Fokusborneo.com

Syamsuddin menjelaskan Gubernur hanya titip berpesan kepada Sevanya, untuk membawa nama baik Kaltara dan Indonesia. Sebagai wakil rakyat, Syamsuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kaltara terutama Gubernur.

“Ini bentuk kepedulian kepada olahraga sebagai motivasi, satu pesan Gubernur tetap bawa nama Kaltara. Saya juga berpesan kepada Sevanya fokus saja latihan karena targetnya juara,” tutur Syamsuddin Arfah.

Sebelumnya orang tua atlet, Jen Justin menjelaskan anaknya Sevanya dipanggil untuk mewakili Indonesia di lomba Sea Age Group Champions di Kuala Lumpur Malaysia yang akan dilaksanakan pada tanggal 17–19 Desember 2022.

Meski ini kabar menggembirakan, dan membawa nama Indonesia khususnya Kaltara di ajang internasional, namun ada permasalahan yaitu berdasarkan surat dari PB PRSI biaya transportasi dan akomodasi dari daerah asal ke Jakarta merupakan tanggung jawab Pengprov atau daerah.

“Seperti kemarin – kemarin kita pakai biaya pribadi nanti kita rembes, permasalahanya kalau tiket kayak dulu sampai Rp 1 juta masih bisa, tapi ini mahal sekali normal sekitar Rp 2,5 juta pulang pergi 5 juta, kita ngak tahu high’ season nanti karena menjelang Natal dan Tahun Baru,” jelas Justin.

Ia menerangkan lomba akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Desember 2022, dan tanggal 10 Desember sudah berkumpul di Jakarta untuk pemusatan latihan.

“Kalau biaya pemusatan latihan kemudian dari Jakarta – Kuala Lumpur semua sudah ditanggung, tapi kan tidak mungkin tanggal 10 baru kita berangkat ke Jakarta,” ujar Justin.

Sebagai orang tua, Jen Justin mengatakan bingung mencari dana, karena pada even yang diikuti sebelumnya pada Kejurnas Akuatik di Jakarta bulan Juli bahkan mendapatkan mendali emas dan perak juga menggunakan anggaran pribadi. Meski sempat di rembes ke Koni Kaltara, namun saat ini masih belum selesai.

Orangtua Sevanya Emanuel Yus, Jen Justin. Foto : Fokusborneo.com

Sevanya sendiri masuk ke tim Sevanya Imanuel Yus masuk di dalam 5 terbesar nasional dan itu full dibiayai tapi hanya di biayai dari Jakarta tidak dari daerah.

“Saya mengerti mungkin terbentur masalah administrasi atau anggaran mungkin. Cuma untuk biaya bulan Desember nanti seperti aa, jadi mohon bantuan saya ngak ngerti harus kemana,” kata Justin.

Lebih lanjut, Ia mengatakan Sevanya merupakan adik dari atlet renang Angel Gabriela Yus yang saat ini mewakili DKI Jakarta dan peraih emas di PON Papua.

Tidak kalah berprestasi seperti sang kakak, terbukti Sevanya mampu meraih emas dan perak di Kejurnas Akuatik 2022.

“Target saya emas di Sea Age, kemarin di Kejurnas Sevanya dapat emas di gaya kupu-kupu 50 meter dan perak di gaya punggung 50 meter,” sambung Justin

Orang tua berharap ada bantuan untuk Sevanya, minimal pada awal Desember sudah ada kepastian bisa berangkat atau tidak.

“Kita ingin juga karena orang tua Sevanya di Kaltara, Sevanya kami harap kembali dan membawa nama Kaltara,” imbuh Justin.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 120 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

Anggota DPRD KTT M Dahlan Melaksanakan Reses di Tana Lia

30 Januari 2023 - 10:19 WITA

Awali Keketuaan ASEAN 2023, Presiden Bersepeda dan Jalan ke Bundaran HI

29 Januari 2023 - 21:47 WITA

Hasan Basri Sampaikan Aspirasi Masyarakat Kaltara Soal LPG 3 KG ke Dirjen Migas

28 Januari 2023 - 13:11 WITA

Dapat Gelar Warga Kehormatan DAD, Deddy Sitorus Menangis Haru

28 Januari 2023 - 11:52 WITA

Hanapi Serap Aspirasi Warga Desa Tideng Pale Timur

28 Januari 2023 - 10:06 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!