Menu

Mode Gelap

Opini · 17 Okt 2023 19:05 WITA ·

Aksi Perubahan Transformasi PDAM Sehat Melalui Strategi Peningkatan Kinerja PDAM Tirta Sungoi Sesayap di Kabupaten Tana Tidung


					Tedi Kongso Suseno, SE
Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan 
Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah 

Perbesar

Tedi Kongso Suseno, SE Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah

Oleh Tedi Kongso Suseno, SE
Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah

Tranformasi PDAM Sehat melalui strategi peningkatan kinerja PDAM Tirta Sungoi Sesayap merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan Kinerja dan Produktivitas PDAM Tirta Sungoi Sesayap di kabupaten Tana Tidung serta memperbaiki tata kelola managemen sekaligus pelaporan keuangan secara transparan dan akuntabel secara android.

Selama Berdirinya PDAM Tirta Sungoi Sesayap tidak terlepas dari bantuan pemerintah baik yang berupa kegiatan fisik maupun bantuan keuangan yang bersifat hibah kepada BUMD (PDAM) yang terus menerus dilakukan, namun berdasarkan evaluasi kinerja tidak adanya peningkatan serta keberhasilan dalam mengelola perusahaan tersebut, serta adanya temuan administrasi oleh BPKP.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPKP terhadap laporan evaluasi kinerja Perumda Air Minum Tirta Sungoi Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun Buku 2022 nomor PE.09.03/LHP-200/PW34/4/2023 dengan Katagori SAKIT.

Dengan penilaian yang masih rendah salah satu penilaian:
1. Aspek Keuangan
2. Aspek Pelayanan
3. Aspek Oprasional
4. Aspek Sumber Daya Manusia

Ke empat aspek tersebut sangat penting, namun hal yang pertama menjadi focus adalah aspek keuangan. Namun bukan berarti aspek yang lain tidak penting, dengan aspek keuangan ini berhasil akan memberikan dampak positif terhadap aspek yang lain.

PDAM Tirta sungoi sesayap selama ini melakukan pencatatan water meter secara manual serta tidak transparan sehingga perlu dilakukan transformasi pengecekan water meter, yang dimana pengecekan dapat dilakukan melalui aplikasi android di ponsel dan penggunaan aplikasi ini dapat menghemat waktu dan tenaga, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

PDAM Tirta Sungoi Sesayap juga telah meningkatkan system pembayaran yang biasanya dilakukan secara tunai diloket pembayaran PDAM, namun saat ini sudah menerapkan system pembayaran secara online yaitu melalui QRIS dan menu PDAM pada aplikasi Mobile Banking BANKALTIMTARA.

Transformasi PDAM Sehat melalui strategi peningkatan kinerja PDAM Tirta Sungoi Sesayap merupakan inovasi yang mendukung Reformasi Birokrasi Tematik yang menjadi Program Menpan RB.

Transformasi PDAM Sehat melalui strategi peningkatan kinerja PDAM Tirta Sungoi Sesayap merupakan gagasan inovatif yang sesuai dengan Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan digitalisasi administrasi pemerintahan dimana pemerintah harus dapat bergerak lebih lincah dan lebih cepat beradaptasi dengan teknologi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.(**)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 74 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Bupati Ibrahim Ali Kukuhkan Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Tana Tidung

18 Mei 2024 - 20:11 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Buka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Jenjang SD/SMP

17 Mei 2024 - 14:59 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Lepas Calon Jemaah Haji Kabupaten Tana Tidung

16 Mei 2024 - 18:15 WITA

blank

Urgensi Kebangkitan Desa Pasca Terbitnya UU Desa Nomor 3 Tahun 2024

15 Mei 2024 - 21:06 WITA

blank

Komitmen Wujudkan KTT Pintar, Dinas Pendidikan Gelar Seminar Pendidikan Kesetaraan 

15 Mei 2024 - 18:10 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Pimpin Rapat Persiapan Kedatangan Ustadz Abdul Somad

10 Mei 2024 - 06:41 WITA

blank
Trending di Daerah