Menu

Mode Gelap

Politik · 4 Jun 2021 11:23 WITA ·

Memudahkan Informasi Soal Kepemiluan, KPU Kaltara Luncurkan Aplikasi “KOPI PAGI”


					Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami menandai peluncuran aplikasi Perbesar

Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami menandai peluncuran aplikasi "Kopi Pagi" dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali. Foto : Humas KPU Kaltara.

TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara resmi meluncurkan aplikasi baru yang diberi nama “Kopi Pagi”. Kopi Pagi sendiri merupakan kependekan dari Kumpulan Opini dan Informasi Terpadu Terintegrasi.

width"300"

Sementara pengertian Aplikasi Kopi Pagi adalah aplikasi terintegrasi yang dibuat untuk meningkatkan sinergitas penyelenggara Pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

width"300"
width"400"

Aplikasi tersebut mengusung konsep dengan mengedepankan Efektifitas dan Efisiensi terhadap akses informasi kepemiluan yang berbasis teknologi informasi. Sehingga masyarakat bisa dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan melalui gadget yang mereka miliki dimana saja dan kapan saja.

width"450"
width"500"

Launching Apalikasi Kopi Pagi yang berlangsung di Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor, Kamis (3/6/21), dibuka Sekretaris KPU Provinsi Kaltara
Tri Tujiana sekaligus Project Leader Kopi Pagi.

Pada kegiatan tersebut turut hadir tamu undangan stakeholder dari luar seperti perwakilan dari Polda Kalimantan Utara, Korem 092/MRL, Kesbangpol, BPBD Provinsi Kalimantan Utara, Diskominfo, KPU Bulungan dan media massa.

width"400"
width"500"
width"500"

Secara simbolis peresmian launching ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 5 kali ole
Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al Islami.

width"300"

Aplikasi Kopi Pagi tersebut bisa dengan mudah masyarakat dapatkan dengan cara diunduh melalui aplikasi Google Play Store. Masyarakat cukup memasukkan kata kunci “Kopi Pagi KPU Kalimantan Utara” dan klik “Install” setelah itu aplikasi sudah bisa kita gunakan.

blank
Aplikasi Kopi Pagi

Aplikasi tersebut memiliki menu utama yaitu :

width"400"

• Menu Home adalah halaman depan Aplikasi

• Menu Link adalah halaman link aplikasi/website terkait Komisi Pemilihan Umum

• Menu Regulasi adalah Halaman peraturan dan regulasi terkait Pemilu dalam bentuk Undang-undang, Peraturan KPU, Keputusan KPU, Surat Edaran dan Surat Dinas

• Menu Profil adalah halaman profil KPU Kalimantan Utara seperti Sejarah, Visi dan misi, Struktur Organisasi serta tugas dan wewenang

• Menu Cek Data Pemilih Halaman Pengecekan data Pemilih pada Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Tahun 2020 berdasarkan NIK yang akan menampilkan data pemilih dan Koordinat letak TPS pemilih yang bersangkutan

• Menu Hitung Suara adalah Halaman yang menampilkan hasil pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Tahun 2020 dari tingkat TPS hingga tingket Provinsi

• Menu Kontak adalah menu yang berisi Alamat, Telpon, Email, Website dan Media Sosial KPU Kalimantan Utara

• Akun adalah halaman Login bagi Internal KPU Kaltara

“Kedepan KPU Provinsi Kaltara akan terus melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi Kopi Pagi. Beberapa menu yang sedang dalam Proses Pengembangan yaitu menu Persuratan, Kegiatan, Daftar Pemilih Berkelanjutan dan menu Berita,” ujar Sekretaris KPU Provinsi Kaltara Tri Tujiana.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, diharapkan peran KPU dalam memberikan pelayanan dan keterbukaan informasi kepada masyarakat bisa terus meningkat.

“Masyarakat pun diharapkan bisa berperan aktif dalam menularkan informasi terkait KPU, sehingga kita bisa bersama-sama membangun masyarakat yang melek akan informasi dan peduli terhadap kelangsungan bangsa ini menjadi lebih baik,” kata Ketua KPU Provinsi Kaltara.(Humas KPU Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 97 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Ratusan Sahabat dan Relawan Zainal Arifin Paliwang Ambil Formulir Penjaringan di Partai PAN 

19 April 2024 - 21:08 WITA

blank

Relawan Daftarkan Ingkong Ala Di PDI-P, Sebagai Bakal Calon Wagub Kaltara

19 April 2024 - 16:43 WITA

blank

Makin Serius Maju! Hj. Sri Sulartiningsih Ambil Formulir Penjaringan Bacalon Walikota di PDIP

18 April 2024 - 20:27 WITA

blank

DPD PAN Tana Tidung Buka Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029

18 April 2024 - 19:10 WITA

blank

DPW PAN Kaltara Buka Penjaringan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Pendaftar Akan di Survei

18 April 2024 - 18:53 WITA

blank

Sri Sulartiningsih Serius Maju Pilkada Tarakan, Relawan Jilbab Pink Ambil Formulir di PKS

18 April 2024 - 16:31 WITA

blank
Trending di Politik