Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 6 Okt 2022 08:01 WITA ·

Banyak Dikeluhkan, DPRD Minta Persyaratan Beasiswa Umum Kaltara Unggul Dipermudah


					Ketua DPRD Provinsi Kaltara Albertus Stefanus Marianus duduk ditengah pimpin rapat evaluasi penyaluran beasiswa umum Kaltara unggul. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Kaltara Albertus Stefanus Marianus duduk ditengah pimpin rapat evaluasi penyaluran beasiswa umum Kaltara unggul. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN –  Banyak dikeluhkan masyarakat di daerah perbatasan khususnya 3T, DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) meminta supaya persyaratan beasiswa umum Kaltara unggul dipermudah.

Permintaan DPRD, disampaikan saat rapat evaluasi penyaluran beasiswa umum Kaltara unggul bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Kaltara di Hotel Tarakan Plaza, Rabu (5/10/22). Hadir juga pada rapat evaluasi, anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara

“Secara administrasi itu yang sering dikeluhkan, karena melihat daerah-daerah khususnya yang memang daerah perbatasan atau 3T sulit mengurusnya,” kata Ketua DPRD Provinsi Kaltara Albertus Stefanus Marianus.

Maka dari itu Albert sapaan akrap Albertus meminta supaya persyaratan mendaftar beasiswa umum Kaltara unggul lebih fleksibel dan dipermudah. Politisi PDIP juga meminta pihak pemerintah ditingkat Desa maupun Kecamatan, bisa membantu peserta didik yang ingin mengajukan beasiswa.

blank

Rapat evaluasi penyaluran beasiswa umum Kaltara unggul antara DPRD bersama Disdikbud dan Biro Kesra Pemprov Kaltara. Foto : Fokusborneo.com

“Nanti kami juga akan mengundang stakeholder teman-teman diluar sistem, tetapi yang sangat mempengaruhi suksesnya penyaluran beasiswa misalnya pihak Kades/Kecamatan. Dewan nanti juga mensosialisasikan kepada stakeholder terkait tingkat Kecamatan/Desa di dapilnya masing-masing,” jelas Albert.

Dikatakan Albert, jangan sampai masalah administrasi seperti surat keterangan dari Desa atau Kecamatan tidak keluar, membuat anak-anak di daerah perbatasan gagal mendapatkan beasiswa. Makanya DPRD bakal mengundang perangkat Desa maupun Kecamatan di daerah 3T, untuk memudahkan pengurusan administrasi tersebut.

“Padahal itu memang sebenarnya bisa dilakukan, tapi karena sesuatu dan lain hal kadang-kadang secara teoritis itu skemanya seperti itu. Namun dalam prakteknya khususnya di daerah-daerah 3T, itu kan agak kesulitan makanya saya mencoba untuk meminimalisir kesulitan yang dilokasi-lokasi itu gimana caranya dicarikan jalan keluar,” pesan Albert.

blank

Rapat evaluasi penyaluran beasiswa umum Kaltara unggul antara DPRD bersama Disdikbud dan Biro Kesra Pemprov Kaltara. Foto : Fokusborneo.com

Sementara itu, kuota beasiswa umum Kaltara unggul 2022, Sekretaris Disdikbud Provinsi Kaltara Darsono menjelaskan beasiswa umum adalah bantuan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik/peserta didik keagamaan/mahasiswa Provinsi Kaltara.

“Ini dimaksud untuk membantu sebagian kebutuhan pendidikan selama satu tahun dan tidak diperpanjang,” jelas Darsono.

Kuota untuk beasiswa umum Kaltara unggul ini, total keseluruhan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Keagamaan dan mahasiswa, kurang lebih 6.000. Peserta didik yang berhak mendapatkan beasiswa, diperuntuhkan bagi keluarga yang berlatar belakang kurang mampu.

“Selain kurang mampu, juga yang berprestasi akademik atau non akademik. Besarannya pendidikan dasar Rp. 800 ribu dan pendidikan menengah Rp. 1.2 juta,” tutup Darsono.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 181 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

PSU di TPS 57 Karang Anyar, Digelar Kamis

21 Februari 2024 - 06:17 WITA

blank

Vamelia Ibrahim Sampaikan Terimakasih Atas Amanah Rakyat

20 Februari 2024 - 20:43 WITA

blank

Dari 3 TPS Rekomendasi Bawaslu, KPU Putuskan Hanya TPS 57 Karang Anyar Digelar PSU

20 Februari 2024 - 20:22 WITA

blank

Bawaslu Tarakan Rekomendasikan  Pemilihan Suara Ulang Buntut Temuan Pelanggaran Pemilu

19 Februari 2024 - 22:30 WITA

blank

Hersonsyah Harap Guru Jadi Motor Penggerak Peningkatan Kualitas Pendidikan Tana Tidung

19 Februari 2024 - 06:47 WITA

blank

Sakit Pasca Bertugas, Petugas Pemilu Di Perbatasan Dijamin BPJS Kesehatan

18 Februari 2024 - 15:50 WITA

blank
Trending di Daerah