Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 9 Apr 2023 20:33 WITA ·

Apresiasi Kekompakan Sekolah dengan Warga, DPRD Kaltara Minta Pemprov Perhatikan Jalan ke SMKN 1 Sei Menggaris


					Ketua DPRD Kaltara Albertus bersama Kepala SMKN 1 Sei Semanggaris panen cabe karya siswa. Foto : Ist Perbesar

Ketua DPRD Kaltara Albertus bersama Kepala SMKN 1 Sei Semanggaris panen cabe karya siswa. Foto : Ist

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Alberthus Stefanus Marianus mengaku sangat terkesan saat berkunjung ke wilayah perbatasan di Desa Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan.

Kunjungan Alberthus Stefanus Marianus ST tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) bersama Tim Pansus LKPj Gubernur Provinsi Kaltara Tahun 2022. Selain bersilaturahmi bersama masyarakat, ia juga bertemu dengan para tenaga pendidik dan siswa SMKN 1 Sei Menggaris,

Dikesempatan itu Albert sapaan akrabnya, juga menyempatkan diri ikut panen tomat dan lombok hasil dari siswa SMKN 1 itu. “Saya sangat mengapresiasi bagaimana Ibu Rusmini sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Sei Menggaris, serta para tenaga pendidik dengan segala keterbatasan mampu merintis dan memajukan pendidikan di wilayah perbatasan Kaltara,” ujar politisi PDI Perjuangan ketika diwawancarai awak media, Sabtu (8/4/23).

Bisa dibayangkan kata Albert lagi, untuk mencapai sekolah tersebut dari jalan poros trans Kaltara butuh waktu satu setengah jam, dengan kondisi jalan yang berlubang dan sangat tidak layak dilintasi oleh kendaraan. Kendati demikian tidak menyurutkan langkah pengabdian kepala sekolah dan para tenaga pendidik disana untuk terus berinovasi, bersinergi dengan masyarakat demi membangun SMKN 1 tersebut.

“Termasuk minat belajar para siswanya juga sangat tinggi sekali,” ungkap Albert.

Kalau kita cermati lanjutnya, untuk pengembangan sekolah itu, bisa dibilang sepak terjangnya sang kepala sekolah juga sangat luar biasa sekali. Kemudian pembanguan yang terakhir dilaksanakan disana yaitu gedung perpustakaan, realisasinya sudah 100 persen dengan kualitas yang cukup baik pula.

Sementara itu, pada ruangan praktek siswa, kualitasnya juga cukup bagus.“Kendati demikian bila diperhatikan masih banyak sarana pendukung yang masih kurang, tapi secara keseluruhan semuanya sudah sesuai harapan,” tukasnya.

Yang tidak kalah penting tambahnya, kreatifitas ibu Rusmini selaku kepala sekolah untuk membangun sekolah itu sangat luar biasa dan pantas mendapatkan apresiasi. Dimana untuk pengerjaan tanah pada bangunan dilakukan oleh para pendidik dan siswa dikala waktu senggang secara swadaya.

Apa lagi disana soal pembiayaan atau swadaya dari masyarakat untuk kemajuan sekolah juga cukup tinggi. Bersama para guru warga memanfaatkan seluruh potensi yang ada di Desa Tabur Lestari.

“Yang sangat menyentuh hati saya, kami tak menyangka sambutan kepada kami sangat meriah sekali,” beber Albert.

Selanjutnya ada pertemuan dengan para siswa, guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok paguyuban, aparat keamanan dari TNI/POLRI, Satgas Perbatasan, ditambah dari perusahan swasta setempat seperti PT NJL, PT Medco.

“Program CSR dari beberapa perusahaan swasta juga sudah berjalan sebagaimana mestinya,” kata Albert.

Yang tidak kalah penting harapan masyarakat, jalan menuju sekolah bisa segera ditangani oleh Pemprov Kaltara dari jalan tanah segera menjadi jalan beraspal.

“Menurut saya dengan kondisi jalan ini sangat luar biasa perjuangan baru bisa mencapai sekolah SMKN 1 Sei Menggaris tersebut, lantaran kerusakannya sudah cukup parah sekali,” ujar Albert.

Karena jalan yang dimaksud masih berupa jalan tanah, jika cuaca panas berdebu dan saat musim hujan berlumpur cukup tebal.

“Kita bisa bayangkan bagaimana setiap harinya, para siswa dan guru untuk menuju sekolah itu. Hal ini perlu segera mendapat perhatian mengingat posisinya persis berada digaris batas Indonesia dan Malaysia,” tutupnya.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 49 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

PSU di TPS 57 Karang Anyar, Digelar Kamis

21 Februari 2024 - 06:17 WITA

blank

Vamelia Ibrahim Sampaikan Terimakasih Atas Amanah Rakyat

20 Februari 2024 - 20:43 WITA

blank

Dari 3 TPS Rekomendasi Bawaslu, KPU Putuskan Hanya TPS 57 Karang Anyar Digelar PSU

20 Februari 2024 - 20:22 WITA

blank

Bawaslu Tarakan Rekomendasikan  Pemilihan Suara Ulang Buntut Temuan Pelanggaran Pemilu

19 Februari 2024 - 22:30 WITA

blank

Hersonsyah Harap Guru Jadi Motor Penggerak Peningkatan Kualitas Pendidikan Tana Tidung

19 Februari 2024 - 06:47 WITA

blank

Sakit Pasca Bertugas, Petugas Pemilu Di Perbatasan Dijamin BPJS Kesehatan

18 Februari 2024 - 15:50 WITA

blank
Trending di Daerah