Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Video · 21 Okt 2021 07:42 WITA ·

Tarakan Diguncang Gempa Bumi 3.7 SR, Lokasi 9 KM Arah Timur


Lokasi Gempa Bumi (Tanda Bintang). Foto: IST/BMKG Perbesar

Lokasi Gempa Bumi (Tanda Bintang). Foto: IST/BMKG

TARAKAN – Wilayah Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara diguncang Gempa Bumi tektonik pada pukul 02.17 Wita, Kamis (21/10/2021) dini hari.

Berdasarkan release resmi dari Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 3.7 SR.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.35 LU dan 117.67 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 9 km arah timur Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara pada kedalaman 10 km,” jelas Tony.

Lebih lanjut, Ia menerangkan jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal.

“Dampak gempa bumi, berdasarkan informasi dari masyarakat gempabumi ini dirasakan III-IV di Tarakan (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi),” ungkapnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 05.33 WIB hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (*)

Artikel ini telah dibaca 498 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hari ini, Presiden Jokowi Groundbreaking KIPI di Kaltara

21 Desember 2021 - 09:27 WITA

Jelang Nataru, Pertamina Amankan Pasokan Energi di Kaltara

21 Desember 2021 - 08:35 WITA

Kader PDIP Bulungan Kecewa Sidang Pencabutan Gugatan Harus Tertunda

20 Desember 2021 - 19:26 WITA

Korban Tabrakan Speedboat Ditemukan, 2 Selamat dan 1 Meninggal Dunia

1 Desember 2021 - 07:28 WITA

Nicky Saputra Novianto Terpilih Jadi Ketua PWI Kaltara 2021-2026

27 November 2021 - 18:29 WITA

Peduli Korban Kebakaran, Persatuan Wanita Patra (PWP) Tarakan Field Serahkan Paket Bantuan 

30 Oktober 2021 - 05:55 WITA

Trending di Video