Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pemkot Tarakan · 15 Sep 2021 12:24 WITA ·

Bangun Ekonomi Kerakyatan, Pemkot Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Ikan


Wali Kota Tarakan dr. Khairul. Foto : Humas Pemkot Tarakan. Perbesar

Wali Kota Tarakan dr. Khairul. Foto : Humas Pemkot Tarakan.

TARAKAN – Meningkatkan nilai tambah bagi hasil pertanian warga, Pemerintah Kota Tarakan menggelar Pelatihan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Agrowisata Karungan dan dibuka langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., pada Rabu, (15/9/21).

Pelatihan ini diikuti oleh para petani, kelompok sadar wisata, pelaku UMKM, dan warga sekitar Karungan. Para peserta ini nantinya akan dilatih mengenai pengolahan lahan/budidaya cabe dan pelatihan pengolahan hasil pertanian (keripik pisang).

Dalam sambutannya Wali Kota berujar bahwa pelatihan yang digelar ini sesuai dengan kondisi dan karakteristik perekonomian dan masyarakat Kota Tarakan. Cabe, contohnya, memiliki harga yang cenderung naik-turun sehingga perlu strategi agar petani tetap sejahtera dan Tarakan dan berswasembada cabe.

Demikian juga hasil pertanian lain, termasuk pisang yang bila diolah dapat menyerap hasil pertanian dan dengan diolah lebih lanjut akan memberi dampak bagi meningkatnya pendapatan.

“Ini adalah bagian upaya kita semua untuk membangun ekonomi kerakyatan yang merupakan bagian dari visi Kota Tarakan hingga 2024. Mudah-mudah ini dapat terus kita dorong,” harap Wali Kota.

Di samping itu, ia menerangkan bahwa Pemkot Tarakan juga tengah mengembangkan berbagai destinasi wisata, mulai dari alam, budaya, agrowisata, sejarah, dan lain-lain. “Ini agar obyek wisata kita lebih variatif,” jelasnya.(Humas)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sektor UMKM, Penyumbang 63 Persen PDRB Kota Tarakan

4 November 2021 - 13:49 WITA

Wawali Effendhi Djufrianto Ajak Masyarakat Kembangkan Sektor Pariwisata di Tarakan

21 Oktober 2021 - 22:33 WITA

Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Wali Kota Berpesan Tetap Jaga Prokes

18 Oktober 2021 - 07:39 WITA

Gubernur Sampaikan Solusi Penanganan Perbatasan di Munas II Aspeksindo

9 Oktober 2021 - 14:30 WITA

25 Ton Bandeng Beku Tarakan Dikirim ke Tiongkok

4 Oktober 2021 - 11:16 WITA

Lantik 93 Pejabat Struktural, Wali Kota Ingatkan Visi Misi Kota Tarakan

7 September 2021 - 21:57 WITA

Trending di Pemkot Tarakan