Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 24 Feb 2021 21:22 WITA ·

Hadapi Gugatan Irianto Lambrie-Irwan Sabri di PTUN Samarinda, KPU Kaltara Berkoordinasi Dengan Gubernur Kaltara


Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang bertemu dengan KPU Kaltara. Foto: Johan/Media Relasi Ziyap Perbesar

Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang bertemu dengan KPU Kaltara. Foto: Johan/Media Relasi Ziyap

TANJUNG SELOR – Gugatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara, Irianto Lambrie-Irwan Sabri ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Samarinda, turut disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara kepada Gubernur Zainal Arifin Paliwang, Rabu (24/2/2021).

Walau dalam gugatan tersebut bukan mengarah kepada hasil pilkada, kata Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, namun dalam materi gugatan tersebut, berkaitan dengan Zainal Arifin Paliwang.

“Kan itu soal proses pencalonan Bapak Gubernur waktu itu. Dimana saat proses pilkada, Zainal Arifin Paliwang masih menjadi anggota Polri,” kata Suryanata, usai bertemu Gubernur.

width"450"

Karena itu, lanjutnya, KPU yang akan menghadiri sidang di PTUN Samarinda, 25 Februari, berkoordinasi dengan Zainal Arifin Paliwang. “Kita berharap Gubernur Zainal dapat menyinkronkan KPU dengan bagian SDM Mabes Polri. Karena yang lebih tahu statusnya (Zainal Arifin Paliwang) saat itu, hanya bagian SDM Mabes Polri,” jelas Suryanata.

Disinggung masalah tahapan sidang yang dilayangkan pasangan Irianto-Irwan, Suryanata memaparkan, sidang lanjutan akan dilaksanakan 25 Februari, secara virtual. KPU Kaltara, ujarnya, sudah siap menghadapi sidang tersebut, dengan menyiapkan materi-materi yang dibutuhkan.

“Nanti akan kita sinkronkan juga penjelasan yang ada dari SDM Mabes Polri, yang mana saat proses pendaftaran, Zainal Arifin Paliwang sudah benar berhenti atau tidak,” ujarnya.

Selain terkait gugatan pasangan Irianto Lambrie-Irwan Sabri, Suryanata juga mengatakan, ada beberapa hal yang disampaikan kepada Zainal Arifin Paliwang pada pertemuan tersebut.

“Di antaranya KPU telah menyelesaikan tugas menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada),” ungkapnya.

Terkait ini, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang merespon baik. Dirinya mengatakan telah memberikan kuasa hukum kepada Biro Hukum Pemprov Kaltara.

“Karena dalam sidang di PTUN Samarinda nanti selain tergugat juga ada pihak terkait, pihak terkait itu adalah saya. Dan saya sudah memberikan kuasa hukum kepada Biro Hukum Provinsi Kaltara,” kata Zainal Arifin Paliwang. (*)

Sumber: Media Relasi Ziyap

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 169 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Entry Meeting Pemeriksaan LKPD Tahun 2022 Bersama BPK Kaltara, Walikota Tarakan Optimis Pertahankan Opini WTP

30 Januari 2023 - 18:15 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!