Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 22 Sep 2021 15:31 WITA ·

Tana Tidung Kirim Dua Duta GenRe ke Tingkat Provinsi Kaltim – Kaltara


Tana Tidung Kirim Dua Duta GenRe ke Tingkat Provinsi Kaltim – Kaltara Perbesar

TANA TIDUNG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung mengirimkan dua orang perwakilan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Tana Tidung Tahun 2021 yang berasal dari Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Unit Sosialisasi Sesama Remaja “USSR” SMAN Terpadu Unggulan I Tana Tidung.

Duta GenRe KTT yaitu Muhammad Irsad Syaukani dan Istiqomah, keduanya akan mengikuti kegiatan apresiasi Duta GenRe Kaltim-Kaltara Tahun 2021 di Town House Hotel Bukit Damai Indah, Balikpapan, Tanggal 21-25 September 2021.

Penyuluh Keluarga Berencana Dinkes KTT, Indah Sari menjelaskan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah upaya peningkatan kapasitas remaja, ini penting khususnya yang berkaitan dengan informasi yang komprehensif bagi remaja seperti pubertas, seksualitas, reproduksi, gizi remaja, perilaku beresiko, tindakan berbahaya, kesiapan berkeluarga, tugas dan perkembangan dan fungsi keluarga, pengasuhan keluarga sehat.

Lebih lanjut, Ia menegaskan dengan bebagai upaya dalam meningkatkan promosi dan pemahaman program, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe.

“Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan diri, oleh dan untuk remaja,” tegasnya.

Apresiasi Duta GenRe Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2021, merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan mitra terkait salah satunya Forum GenRe Indonesia Provinsi, untuk saling mempertemukan remaja yang bergabung dalam PIK remaja dan memilih figur remaja (usia 16-22 tahun).

Duta generasi berencana (Genre) memegang peran penting untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. Genre adalah suatu program dari singkatan “Generasi Yang Punya Rencana” yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Adapun tema kegiatan Apresiasi Duta Generasi Berencana Tingkat Provinsi Tahun 2021 adalah “Remaja Unggul Berkarakter dan Berideologi Pancasila Untuk Mencapai Indonesia Emas Tahun 2045.

“Final Duta GenRe dilaksanakan pada hari Jumat (24/9), mohon doa dan dukungannya untuk kedua duta Kabupaten Tana Tidung ini,” pungkasnya. (her/Iik)

Artikel ini telah dibaca 177 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Uji Kemampuan Fisik Prajurit,Kodim 0907/Trk Gelar Garjas Periodik II

28 Oktober 2021 - 06:15 WITA

Bentuk Kepedulian, Kodim 0907/Tarakan Berikan Bantuan Sembako Untuk Korban Kebakaran

27 Oktober 2021 - 20:46 WITA

Desa Bandan Bikis Sambut Baik Program Gebyar Pemda KTT

27 Oktober 2021 - 18:15 WITA

Ketua TP-PKK Rachmawati Zainal akan Promosikan Batik Kaltara ke Ajang Nasional

27 Oktober 2021 - 17:29 WITA

1.000 Unit Rumah ASN Pemprov Dibangun Tahun Depan

27 Oktober 2021 - 17:21 WITA

Pemkot Akan Tata Lokasi Eks Kebakaran di RT 3 Sebengkok

27 Oktober 2021 - 16:52 WITA

Trending di Daerah