Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Okt 2021 20:19 WITA ·

Dorong Tumbuh Kembang Anak, Disdikbud Wajibkan PAUD 1 Tahun Pra SD


					Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung, Ja'far Sidik saat membuka bimbingan teknis pengelolaan lingkungan belajar berkualitas bagi pusat kegiatan gugus PAUD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Disdikbud, Rabu (29/09) Perbesar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung, Ja'far Sidik saat membuka bimbingan teknis pengelolaan lingkungan belajar berkualitas bagi pusat kegiatan gugus PAUD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Disdikbud, Rabu (29/09)

TANA TIDUNG – Pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung, Jafar Sidik, mengatakan bahwa di masa usia dini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Masa ini menjadi pondasi masa perkembangan selanjutnya. Oleh karenanya, masa usia dini sebut juga dengan masa keemasan.

“Mengingat pentingnya masa anak usia dini maka lingkungan belajar harus berkualitas. Hanya pendidikan yang berkualitas yang mampu mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana misi Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung” kata Jafar Sidik kala membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas Bagi Pusat Kegiatan Gugus PAUD yang diselenggarakan di Ruang Rapat Disdikbud, Rabu (29/09/2021).

width"300"

Lingkungan belajar berkualitas, lanjutnya, tidak hanya dimaknai pada sarana dan prasarana. Tetapi juga kualitas guru, metode dan media pembelajaran, hingga keterlibatan keluarga dan masyarakat. Beranjak dari hal tersebut, disusun berbagai kebijakan seperti PAUD Holistik Integratif yang melibatkan berbagai pihak. Tak hanya dari sisi pendidikan tetapi juga kesehatan, kependudukan, dan lainnya.

width"300"

“Seperti Dinas Kesehatan melakukan imunisasi dan gizi seimbang. Kalau pembelajarannya berkualitas dan anaknya juga sehat, perkembangan kognitif, psikomotorik, dan sosial anak lebih optimal. Untuk Disdukcapil di bagian administrasi kependudukan. Semua peserta didik lengkap data kependudukannya jadi tidak ada masalah untuk penerbitan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)” urainya.

Kebijakan lainnya yang akan diterapkan ialah program wajib PAUD 1 tahun pra SD. Ia menargetkan regulasinya sudah bisa disosialisasikan tahun depan sebelum diterapkan. Dengan kebijakan tersebut pula akan berimplikasi pada peningkatan biaya operasional pendidikan (BOP) melalui dana APBD.

“Tahun ini disiapkan 650 juta untuk 38 PAUD. Ke depan kita akan tingkatkan sesuai kemampuan. BOP ini kita arahkan untuk memenuhi standar pelayanan minimal yang diatur dalam PP Nomor 2 Tahun 2018 dan dijabarkan dalam Permendikbud nomor 32 Tahun 2018. BOP yang diberikan akan dievaluasi. Satuan pendidikan yang kurang peserta didiknya karena kualitas yang rendah kita akan merger dengan yang terdekat” lanjut Jafar.

width"300"

Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas merupakan program kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat PAUD dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung. Program tersebut merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 11 yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 235 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Enam Peserta Bersaing dalam Pemilihan Duta Baca

19 Juni 2024 - 16:59 WITA

blank

Khairul Akan Paparkan 3 Bacalon Wakilnya ke Parpol

19 Juni 2024 - 08:40 WITA

blank

Momen Idul Adha 1445 H, Wali Kota Balikpapan Salurkan 1000 Kantong Daging Kurban kepada Penerima Manfaat

19 Juni 2024 - 05:52 WITA

blank

Bawaslu Kaltara Segera Aktifkan Badan Ad Hoc Awasi PSU di Tarakan

19 Juni 2024 - 05:36 WITA

blank

Momen Idul Adha, Anggota DPR RI Deddy Sitorus Serahkan 7 Ekor Sapi Kurban Se-Kaltara

18 Juni 2024 - 22:05 WITA

blank

Vamelia Ibrahim Panen Raya di Kebun Kelompok Tani KWT 

18 Juni 2024 - 20:54 WITA

blank
Trending di Daerah