Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 23 Nov 2021 21:23 WITA ·

Dorong Pengembangan Pariwisata, DPRD KTT Studi Banding Ke Malinau


DPRD Tana Tidung saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Kabupaten Malinau. Perbesar

DPRD Tana Tidung saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Kabupaten Malinau.

MALINAU – Anggota DPRD Kabupaten Tana Tidung (KTT) dari lintas Komisi melakukan studi banding ke Kabupaten Malinau, Selasa (23/11/21). Studi banding ini, untuk mencari referensi terkait raperda tentang rencana pembangunan induk pariwisata KTT yang saat ini dalam proses pembahasan.

Studi banding kali ini, Anggota DPRD KTT mendatangi Dinas Pariwisata Kabupaten Malinau yang dinilai berhasil mengembangkan obyek pariwisata yang dimilikinya. Kedatangan para wakil rakyat KTT ini, diterima Sekretaris Dinas Pariwisata, Kabid Kesenian serta Kasi Kebudayaan.

Anggota Komisi 1 Markus Yuteng mengatakan kedatangannya ini untuk berdiskusi terkait komitmen pemerintah daerah Malinau dalam hal meningkatkan dan memajukan pariwisata.

“Saya melihat komitmen daerah Malinau sangat baik, pemerintah fokus mengalokasikan anggaran untuk peningkatan pembangunan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Malinau. Ini akan coba aplikasikan juga di KTT,” kata Markus saat diwawancarai Fokusborneo.com.

Dijelaskan Markus, di Malinau sudah ada Perda tentang pengelolaan pariwisata Malinau yang disahkan sejak tahun 2016. Ada 6 Desa yang ditetapkan oleh Kabupaten Malinau sebagai Desa pariwisata.

“Selain destinasi pariwisata, pemda Malinau juga giat melalui UMKM mendorong wisata kuliner. salah satunya wisata kuliner yang ada di pulau sapi,” jelas Markus.

Dikatakan Markus, UMKM ini sangat bermanfaat dan bisa menunjang perekonomian daerah serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat disekitar tempat pariwisata. Hal tersebut, disebabkan karena banyak wisatawan yang datang ke Malinau.

“Kami berharap raperda pariwisata Tana Tidung dapat terlaksana dan dapat dibahas dengan baik, sehingga nantinya dapat di sah kan diakhir tahun ini,” beber Markus.

Markus juga berharap pemda fokus mengembangkan pariwisata di KTT dengan mempromosikan wisata alam dan budaya yang ada. Supaya wisatawan baik domestik maupun mancanegara datang ke KTT.

“Harapan DPRD agar dampak dari wisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat KTT,” tutup Markus.(her/mt)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Resmi Dilantik, Dewan Pendidikan Diharapkan Bantu Gubernur Tingkatkan Pelayanan Pendidikan

4 Desember 2021 - 06:36 WITA

Pesta Budaya Ditutup, Akan Jadi Event Tahunan Kaltara

3 Desember 2021 - 20:17 WITA

Luhut Panjaitan Kunjungi Provinsi Kaltara

3 Desember 2021 - 20:06 WITA

Persiapan Groundbreaking KIPI, 9 Perusahaan Mancanegara Siap Investasi di Kaltara

3 Desember 2021 - 20:00 WITA

Bupati Ibrahim Ali Tegaskan Pembangunan Pusat Pemerintah Terus Beprores

3 Desember 2021 - 11:59 WITA

Gedung Baru DPRD KTT Tahun Depan Bisa Digunakan 

3 Desember 2021 - 06:44 WITA

Trending di Daerah