Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Advetorial · 6 Des 2021 15:50 WITA ·

Perankan Tokoh Mamanda Bulungan, Gubernur Ajak Lestarikan Budaya Asli Kaltara


Foto : Dkisp Kaltara Perbesar

Foto : Dkisp Kaltara

Tanjung Palas – Gubernur Kalimantan Utara, Zainal A.Paliwang menekankan pentingnya masyarakat berperan aktif melestarikan kebudayaan bersama pemerintah daerah saat menghadiri dan membuka langsung Festival Kesultanan Bulungan, Minggu (5/11).

“Kita harus melestarikan budaya yang Kita Miliki di Kalimantan Utara ini. Jangan sampai Punah, jangan sampai anak cucu kita tidak tau,” tegasnya.

Gubernur berterimakasih kepada Datu Dissan dan seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Festival Kesultanan Bulungan.

width"450"

“Saya berterima kepada Yang Mulia Datu Dissan dan seluruh panitia yang nantinya banyak kegiatan difestival ini baik itu tari, musik dan makanan khas dari Kesultanan Bulungan dan bisa dicicipi bersama bagaimana cita rasa masakan dari Kesultanan Bulungan ini,” tutup Gubernur.

Sementara itu Datu Dissan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepedulian Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dalam melestarikan kebudayaan Bulungan salah satunya membiasakan penggunaan atribut lokal yang saat ini menjadi trend hingga sering dipesan oleh pejabat pusat.

“Beliau (Gubernur, red) sangat antusias dan sangat peduli bahkan saat beliau masih aktif sebagai Wakapolda, kebiasaan menggunakan singal (ikat kepala Bulungan) itu salah satu yang jelas kelihatan dan jadi ciri khas kita. Wakil Gubernur pun demikian karna kita sama-sama putera daerah. Jadi kedua-duanya sangat ideal sekali membangun Kaltara ini,” ungkap Pemangku Sultan Bulungan ini.

Dirinya mendorong agar masyarakat suku Bulungan agar terus medukung pemerintah yang saat ini peduli terhadap kebudayaan Benuanta.

“Kita support Gubernur maupun Wakil Gubernur, kita harus bergandengan dengan pemerintah. Dan yang terakhir yang saya sangat harapkan untuk kembali dibangunnya istana kesultanan agar bisa menjadi pusat studi budaya dan sejarah, karna ini perintah dari Bapak Presiden Jokowi saat diundang ke Istana Negara yang meminta kami para penerus Kesultanan Bulungan agar terus menggenjot pemerintah daerah, baik Bupati maupun Gubernur agar bisa mewujudkan dan menjadi kebanggaan masyarakat Bulungan dan Kalimantan Utara pada umumnya,” tutup Dissan.

(CHAI/DKISPKaltara)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 512 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Entry Meeting Pemeriksaan LKPD Tahun 2022 Bersama BPK Kaltara, Walikota Tarakan Optimis Pertahankan Opini WTP

30 Januari 2023 - 18:15 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!