Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 20 Nov 2022 09:48 WITA ·

16 Pemuda Tana Tidung Dinyatakan Kompeten Lulus Pelatihan Disnakertrans KTT bersama LLK Tarakan


Kadis Disnakertrans KTT Edi Harsono bersama Kepala UPTD LLK Tarakan Andi Arfan, Instruksi dan Peserta Foto Bersama Dalam Penutupan PBK Program Pelatihan Service Sepeda Motor Injeksi. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Kadis Disnakertrans KTT Edi Harsono bersama Kepala UPTD LLK Tarakan Andi Arfan, Instruksi dan Peserta Foto Bersama Dalam Penutupan PBK Program Pelatihan Service Sepeda Motor Injeksi. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Sebanyak 16 pemuda Kabupaten Tana Tidung dinyatakan Kompeten dan siap bersaing di dunia kerja maupun berwirausaha mandiri.

Enak belas peserta ini dinyatakan Kompeten setelah mengikuti Pelatihan berbabis kompetensi (PBK) program pelatihan service sepeda motor injeksi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tana Tidung bekerjasama dengan UPTD Lembaga Latihan Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Tarakan.

Program pelatihan yang dilaksanakan mulai 12 Oktober sampai 21 November 2022 atau 35 hari kerja ini resmi di tutup kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KTT Edi Harsono, di hotel Galaxy, Jalan Yos Sudarso Tarakan, Sabtu (19/11/2022).

width"450"

Edi Harsono menjelaskan, tujuan dari Pelatihan Berbabis Kompetensi (PBK) program pelatihan service sepeda motor injeksi ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan menciptakan wirausaha mandiri di daerah.

“Harapanya bisa mandiri, bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, otomatis jika mereka membuka usaha mereka bisa rekrut tenaga kerja baru,” jelasnya.

Melalui program ini, Disnakertrans terus berupaya meningkatkan peluang dan membekali calon pencari kerja dan wirausaha di daerah dalam menghadapi tantangan global yang semakin berat.

Edi Harsono juga melihat semangat peserta sangat luar biasa, dan diharapkan setelah ini peserta terus belajar mengembangkan ilmu, meningkatkan daya saing sehingga mampu membawa KTT lebih baik.

“Kami akan terus melakukan evaluasi kepada peserta. Pelatihan tahun ini sudah selesai Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan sesuai dengan anggaran,” sambungnya.

Penyerahan Sertifikat Kompetensi Kepada Peserta Pelatihan. Foto: fokusborneo.com

Sementara itu, Andi Arfan selaku Kepala UPTD Lembaga Latihan Kerja (LLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Tarakan mengatakan hasil pelatihan ini seluruh peserta dinyatakan Kompeten.

Kompeten itu ada tiga kriteria pertama menguasai ilmu pengetahuan menguasai ketrampilan dan kedisiplinan. Tiga hal tersebut harus dikuasai peserta,” terangnya.

Pelaksanaan pelatihan sesuai dengan program pelatihan service sepeda motor injeksi standarnya dilaksanakan 35 hari kerja Senin – Sabtu dimana pelatihan nya terdiri dari soft skill, hard skill, dan produktifitas.

“Materi soft skill berbicara kepemimpinan kemudian bagaimana disiplin, motivasi peserta, berwirausaha dengan baik serta pengetahuan aturan undang undang tenaga kerja, lalu Workshop ketrampilan dan terakhir industri kerjasama dengan DMT Honda,” jelas Andi.

Andi mengatakan pelatihan kerjasama dengan Disnakertrans KTT ini full anggaranya menggunakan APBD KTT, semua peserta menginap di asrama LLK dan ini juga menambah PAD Tarakan.

Selanjutnya, salah satu perwakilan peserta pelatihan, Iskandar mengatakan pelatihan seperti ini sangat diharapkan putra putri Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan merupakan kesempatan yang berharga bagi peserta.

“Alhamdulillah kami 26 orang ini mendapatkan kesempatan yang berharga, harapan peserta tidak hanya sampai di titik ini saja namun harapan kami juga butuh bimbingan dan support yang lebih untuk bisa menjadi wirausaha mandiri,” ucap Iskandar.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta kedepan bisa mandiri selalu menjaga kekompakan menciptakan lapangan kerja bersama sesuai dengan harapan Pemerintah Daerah khususnya Disnakertrans KTT. (wic/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 118 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!