Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 2 Des 2022 15:18 WITA ·

Karantina Pertanian Tarakan Patroli Bersama TNI AL di Perairan Perbatasan


PATROLI LAUT : Karantina Pertanian Tarakan Patroli Bersama TNI AL di Perairan Perbatasan Perbesar

PATROLI LAUT : Karantina Pertanian Tarakan Patroli Bersama TNI AL di Perairan Perbatasan

NUNUKAN – Kegiatan apel gabungan Karantina Pertanian Tarakan dan TNI AL (Lanal) Nunukan dilakukan sebagai awal dari rangkaian kegiatan Patroli Laut. Apel gabungan dilaksanakan di Dermaga Lanal Nunukan diikuti oleh Pejabat Karantina Tarakan dan Lanal Nunukan (01/12).

Kegiatan patroli laut dilaksanakan di sepanjang garis Pantai Perairan Laut Nunukan-Sebatik Malaysia. Tim melakukan pemeriksaan pada kapal di beberapa titik lokasi yang berbeda yang sedang melakukan aktivitas berlayar dan bongkar muat.

“Bersama Lanal Nunukan, Kami melakukan penyisiran sepanjang garis batas Perairan Laut Nunukan-Sebatik Malaysia dan kami juga melakukan pemeriksaan beberapa kapal yang sedang berlayar dan melakukan aktifitas bongkar muat. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya komoditas pertanian yang wajib Lapor Karantina sehingga kapal-kapal tersebut dapat melanjutkan kegiatannya kembali,” jelas Ahmad Mansuri Alfian Kepala Karantina Pertanian Tarakan.

width"450"

Pada kesempatan yang sama Alfian juga menjelaskan bahwa kegiatan patroli laut yang dilakukan Karantina Pertanian Tarakan merupakan salah satu bentuk implementasi Perjanjian Kerjasama Badan Karantina Pertanian dan TNI Angkatan Laut.

Patroli pengawasan laut ditujukan untuk meningkatkan kepatuhan kepada masyarakat terhadap karantina pertanian, pada kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Undang-Undang Karantina Pertanian kepada para nahkoda kapal agar dapat teredukasi mengenai tugas dan fungsi Badan Karantina Pertanian.

“Kegiatan patroli laut sebagai salah satu bentuk sinergi untuk pengawasan bersama lalulintas Komoditas Pertanian. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih sadar dan patuh dalam melalulintaskan komoditas pertaniannya. Melalulintaskan media pembawa harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan”, imbuhnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!