Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 6 Des 2022 15:31 WITA ·

Kawasan Gunung Batu Benau di Sajau Diusulkan Jadi Geopark


Kawasan Gunung Batu Benau di Sajau Diusulkan Jadi Geopark Perbesar

BULUNGAN – Kawasan Gunung Batu Benau seluas 2 ribu hektare di Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan diluncurkan sebagai inisiatif geopark (taman bumi) di Ruang Pertemuan Lantai I Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara pada Selasa (6/12).

Geopark merupakan kawasan lindung yang di dalamnya termasuk keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya yang menyatu yang dikembangkan dengan 3 pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Gubernur Kaltara melalui Asisten Administrasi Umum Setprov, Pollymart Sijabat, S.KM, MAP mengajak semua pihak terkait mendukung agar Kawasan Gunung Batu Benau dapat ditetapkan sebagai kawasan geoheritage (warisan geologi) dan geopark.

width"450"

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan kelompok studi Kawasan dari Universitas Gadjah Mada yang telah melakukan identifikasi dan proses pengusulan calon geopark Batu Benau Sajau,” ucapnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bulungan, Mahmuddin, S.Sos, M.Si.

Diterangkan, kawasan Gunung Batu Benau Sajau berjarak relatif dekat sekitar 35 kilometer dari kota Tanjung Selor dan berada di antara wilayah Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau. Kawasan tersebut memiliki banyak potensi serta menjadi wilayah hunian suku Punan Batu Benau. Selain menjadi geopark, kawasan Gunung Batu Benau dalam jangka panjang dapat dikembangkan menjadi objek tujuan wisata berkelas global, dengan mengkombinasikan unsur konservasi, edukasi hingga pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Menindaklanjuti hasil identifikasi yang dibentuk oleh Pemprov Kaltara, saat ini terdapat 11 lokasi calon geoheritage site yang sedang diusulkan penetapannya ke Kementerian ESDM,” ungkapnya. Penetapan warisan geologi menjadi penting sebagai langkah awal Provinsi Kaltara mendorong kawasan Gunung Batu Benau sebagai geopark.

“Kami mengajak Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk dapat terlbat bersama-sama dalam pengelolaan geopark ke depannya. Termasuk pengakuan masyarakat hukum adat Punan Batu sebagai bagian dari rencana pengelolaan dan perlindungan Kawasan Gunung Batu Benau,” ujarnya.

Launching atau peluncuran inisiatif geopark Gunung Batu Benau Sajau dirangkai dengan lokakarya yang dikuti para pemangku kepentingan terkait.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!