Menu

Mode Gelap

Daerah · 6 Des 2022 15:31 WITA ·

Kawasan Gunung Batu Benau di Sajau Diusulkan Jadi Geopark


					Kawasan Gunung Batu Benau di Sajau Diusulkan Jadi Geopark Perbesar

BULUNGAN – Kawasan Gunung Batu Benau seluas 2 ribu hektare di Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan diluncurkan sebagai inisiatif geopark (taman bumi) di Ruang Pertemuan Lantai I Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara pada Selasa (6/12).

Geopark merupakan kawasan lindung yang di dalamnya termasuk keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya yang menyatu yang dikembangkan dengan 3 pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Gubernur Kaltara melalui Asisten Administrasi Umum Setprov, Pollymart Sijabat, S.KM, MAP mengajak semua pihak terkait mendukung agar Kawasan Gunung Batu Benau dapat ditetapkan sebagai kawasan geoheritage (warisan geologi) dan geopark.

width"450"

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan kelompok studi Kawasan dari Universitas Gadjah Mada yang telah melakukan identifikasi dan proses pengusulan calon geopark Batu Benau Sajau,” ucapnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bulungan, Mahmuddin, S.Sos, M.Si.

Diterangkan, kawasan Gunung Batu Benau Sajau berjarak relatif dekat sekitar 35 kilometer dari kota Tanjung Selor dan berada di antara wilayah Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau. Kawasan tersebut memiliki banyak potensi serta menjadi wilayah hunian suku Punan Batu Benau. Selain menjadi geopark, kawasan Gunung Batu Benau dalam jangka panjang dapat dikembangkan menjadi objek tujuan wisata berkelas global, dengan mengkombinasikan unsur konservasi, edukasi hingga pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Menindaklanjuti hasil identifikasi yang dibentuk oleh Pemprov Kaltara, saat ini terdapat 11 lokasi calon geoheritage site yang sedang diusulkan penetapannya ke Kementerian ESDM,” ungkapnya. Penetapan warisan geologi menjadi penting sebagai langkah awal Provinsi Kaltara mendorong kawasan Gunung Batu Benau sebagai geopark.

“Kami mengajak Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk dapat terlbat bersama-sama dalam pengelolaan geopark ke depannya. Termasuk pengakuan masyarakat hukum adat Punan Batu sebagai bagian dari rencana pengelolaan dan perlindungan Kawasan Gunung Batu Benau,” ujarnya.

Launching atau peluncuran inisiatif geopark Gunung Batu Benau Sajau dirangkai dengan lokakarya yang dikuti para pemangku kepentingan terkait.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 188 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah