Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 5 Jan 2022 16:48 WITA ·

Peredaran Uang Palsu Terkendali, BI Kaltara: Masyarakat Sudah Paham Keaslian Rupiah


Pakaian Adat Tidung (tengah) pada Uang Rp 75.000 foto: fokusborneo.com Perbesar

Pakaian Adat Tidung (tengah) pada Uang Rp 75.000 foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Peredaran uang palsu di wilayah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sampai saat ini masih cukup terkendali, hal tersebut dikarenakan sebagian besar masyarakat sudah paham ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltara, Tedy Arif Budiman menjelaskan, kondisi peredaran uang rupiah palsu hampir semua wilayah terjadi, namun untuk Kaltara masyarakat sudah paham mengetahui ciri-ciri uang asli.

“Alhamdulillah masyarakat sangat paham dan mengetahui, jadi peredaranya (uang palsu) masih sangat terkendali dan sangat baik,” terangnya, Rabu (5/1/2022).

Bank Indonesia sendiri juga bekerjasama dengan instansi terkait seperti Badan Intelejen Negara, Kepolisian dan Instansi terkait yang secara rutin melakukan sosialisasi dan pencegahan peredaran uang palsu.

“Kalau di kami Bank Indonesia hanya mengetahui keaslian uang rupiah, ciri – ciri keaslian uang palsu kami tidak tahu,” ungkapnya.

width"450"
width"425"

Tedy menegaskan, kehadiran Bank Indonesia di Kaltara untuk menjaga seluruh masyarakat agar tidak menerima uang palsu melalui edukasi tentang pemahaman ciri-ciri keaslian uang rupiah.

“Pemahaman masyarakat semakin hari semakin meningkat, ini juga adanya program edukasi yang kami bungkus dalam bentuk sosialisasi Bank Kesentralan termasuk di dalamnya ciri-ciri keaslian uang rupiah,” pungkasnya.

Bank Indonesia berharap, masyarakat Kaltara semakin cerdas saat menerima uang rupiah dari siapapun dengan melihat ciri-ciri keaslian uang rupiah. (wic/iik)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hasil Jualan Iphone Tak Diberikan, Seorang Wanita Diamankan Polisi

15 Agustus 2022 - 17:00 WITA

Pimpin Rapat Staf, Gubernur Instruksikan OPD Agar Memacu Serapan Anggaran

10 Agustus 2022 - 20:09 WITA

Deddy Sitorus Gelar Sosialisasi SNI Untuk UMKM Bersama BSN

10 Agustus 2022 - 16:27 WITA

Jasa Pertambangan Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Kaltara

10 Agustus 2022 - 09:58 WITA

Optimis Pendapatan Pajak Melampaui Target

9 Agustus 2022 - 12:02 WITA

RAPBN 2023 Akan Dirancang Fleksibel untuk Redam Guncangan Ekonomi Global

9 Agustus 2022 - 05:55 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!