Menu

Mode Gelap

Fokus · 14 Feb 2020 18:32 WITA ·

Pertama Digelar, KSOP Tarakan Berikan Edukasi Maritim Safety Kepada Anak Usia Dini


					Anak-anak Paud Mencoba Alat Keselamatan Berlayar Baju Pelampung. Poto: Istimewa Perbesar

Anak-anak Paud Mencoba Alat Keselamatan Berlayar Baju Pelampung. Poto: Istimewa

TARAKAN – Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan melaksanakan edukasi dunia maritim yang berkaitan dengan safety kepada anak-anak usia dini, Jum’at (14/2/2020).

Kepala KSOP Kelas III Tarakan Agus Sularto melalui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Syaharuddin menjelaskan, kedatangan ratusan siswa Paud Si Jempol ke kantor KSOP dalam rangka kunjungan wisata untuk mengenal dunia maritim khususnya yang berkaitan dengan bidang keselamatan dan keamanan pelayaran perairan.

“Hari ini KSOP melakukan edukasi dini kepada adik siswa dan siswi Paud khususnya Si Jempol, kita memberikan edukasi berkaitan apa sih yang ada diatas kapal, ketika kapal akan berlayar, ketika kapal itu mengalami keadaan darurat atau emergency,” jelas Syaharuddin.

width"450"

Syaharuddin menerangkan diatas kapal terdapat berbagai perlengkapan kapal, alat – alat navigasi yang harus dimiliki, dan alat keselamatan, sehingga kapal berlayar dengan aman, nyaman, selamat sampai pelabuhan tujuan dan penumpang dapat menikmati perjalanan.

“Kita coba mengedukasi dini kepada adik kita yang masih pola pikirnya mungkin masih polos, kita coba pengenalan alat keselamatan khusunya dilingkup maritim,” ujarnya.

Agar siswa lebih mudah paham dengan pola pikir yang masih polos, KSOP kenalkan dunia maritim tidak hanya sekedar teori tapi langsung mengenalkan alat, memperagakan, dan turun langsung ke Kapal Patroli dengan pengawasan tim dari KSOP.

“Mereka (anak-anak) langsung dapat merasakan bahwa begini kapal, setirnya, kemudinya, dan alat keselamatan,” imbuhnya.

Syaharuddin mengatakan bahkan beberapa anak sudah mengetahui alat keselamatan dan fungsinya salah satunya baju pelampung yang digunakan dalam keadaan darurat.

“Bahkan belum disebutin mereka sudah tahu itu pelampung, Alhamdulillah itu merupakan suatu kemajuan pola pikir anak, adik-adik yang memang mengetahui lebih dini, minimal mereka tahu sejak dini,” katanya.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini mungkin baru pertama ada atau belum pernah dilaksanakan khususnya di Tarakan atau mungkin pada umumnya di seluruh Indonesia, maka dalam hal ini KSOP mencoba melakukan kegiatan tersebut.

“Inisiasi ini muncul saat pawai pembangunan kemarin dari salah satu guru Paud, melihat pawai yang kita tampilkan sehingga mereka tergerak untuk mendatangi apa sih yang sebenarnya yang ada di KSOP berkaitan dengan keselamatan,” ungkapnya.

KSOP Kelas III Tarakan siap melayani apabila ada sekolah yang ini mengetahui atau kegiatan edukasi tentang dunia maritime. (wic/iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 470 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

PSU Berjalan Lancar, KPU Kaltara Minta Masyarakat Hormati Hasil Rekapitulasi

17 Juli 2024 - 23:27 WITA

blank

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

11 Juli 2024 - 17:13 WITA

blank

Tana Tidung Segera Mulai Kegiatan MPLS Setelah PPDB

8 Juli 2024 - 20:11 WITA

blank

Sukses, Kegiatan Panen Hasil P5 Jadi Agenda Rutin Tahunan SDN 14 Tarakan

7 Juli 2024 - 12:54 WITA

blank

Pemkot Tarakan Siapkan Hibah Lahan 1,4 Hektare Pembangunan SMAN 5

6 Juli 2024 - 13:13 WITA

blank

DPRD Kaltara Minta Pemkot Tarakan Percepat Hibah Lahan Pembangunan SMAN 5

6 Juli 2024 - 13:08 WITA

blank
Trending di Daerah