Menu

Mode Gelap

Fokus · 14 Feb 2020 18:32 WITA ·

Pertama Digelar, KSOP Tarakan Berikan Edukasi Maritim Safety Kepada Anak Usia Dini


					Anak-anak Paud Mencoba Alat Keselamatan Berlayar Baju Pelampung. Poto: Istimewa Perbesar

Anak-anak Paud Mencoba Alat Keselamatan Berlayar Baju Pelampung. Poto: Istimewa

TARAKAN – Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan melaksanakan edukasi dunia maritim yang berkaitan dengan safety kepada anak-anak usia dini, Jum’at (14/2/2020).

width"300"

Kepala KSOP Kelas III Tarakan Agus Sularto melalui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Syaharuddin menjelaskan, kedatangan ratusan siswa Paud Si Jempol ke kantor KSOP dalam rangka kunjungan wisata untuk mengenal dunia maritim khususnya yang berkaitan dengan bidang keselamatan dan keamanan pelayaran perairan.

width"300"
width"400"

“Hari ini KSOP melakukan edukasi dini kepada adik siswa dan siswi Paud khususnya Si Jempol, kita memberikan edukasi berkaitan apa sih yang ada diatas kapal, ketika kapal akan berlayar, ketika kapal itu mengalami keadaan darurat atau emergency,” jelas Syaharuddin.

width"400"
width"450"
width"500"

Syaharuddin menerangkan diatas kapal terdapat berbagai perlengkapan kapal, alat – alat navigasi yang harus dimiliki, dan alat keselamatan, sehingga kapal berlayar dengan aman, nyaman, selamat sampai pelabuhan tujuan dan penumpang dapat menikmati perjalanan.

“Kita coba mengedukasi dini kepada adik kita yang masih pola pikirnya mungkin masih polos, kita coba pengenalan alat keselamatan khusunya dilingkup maritim,” ujarnya.

width"400"
width"500"
width"500"

Agar siswa lebih mudah paham dengan pola pikir yang masih polos, KSOP kenalkan dunia maritim tidak hanya sekedar teori tapi langsung mengenalkan alat, memperagakan, dan turun langsung ke Kapal Patroli dengan pengawasan tim dari KSOP.

width"300"

“Mereka (anak-anak) langsung dapat merasakan bahwa begini kapal, setirnya, kemudinya, dan alat keselamatan,” imbuhnya.

Syaharuddin mengatakan bahkan beberapa anak sudah mengetahui alat keselamatan dan fungsinya salah satunya baju pelampung yang digunakan dalam keadaan darurat.

“Bahkan belum disebutin mereka sudah tahu itu pelampung, Alhamdulillah itu merupakan suatu kemajuan pola pikir anak, adik-adik yang memang mengetahui lebih dini, minimal mereka tahu sejak dini,” katanya.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini mungkin baru pertama ada atau belum pernah dilaksanakan khususnya di Tarakan atau mungkin pada umumnya di seluruh Indonesia, maka dalam hal ini KSOP mencoba melakukan kegiatan tersebut.

“Inisiasi ini muncul saat pawai pembangunan kemarin dari salah satu guru Paud, melihat pawai yang kita tampilkan sehingga mereka tergerak untuk mendatangi apa sih yang sebenarnya yang ada di KSOP berkaitan dengan keselamatan,” ungkapnya.

KSOP Kelas III Tarakan siap melayani apabila ada sekolah yang ini mengetahui atau kegiatan edukasi tentang dunia maritime. (wic/iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 466 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Bukber dan Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan Melati, Hasan Basri : Berharap Ada Anak Kaltara Jadi Ketua DPD RI

6 April 2024 - 21:17 WITA

blank

Proses Penjaringan Terus Berjalan, DPW PKS Kaltara Berharap Mei Sudah Keluar Rekomendasi

3 April 2024 - 10:36 WITA

blank

[REGISTRATION IS NOW OPEN!]

30 Maret 2024 - 19:58 WITA

blank

Berburu Berkah di Bulan Ramadhan, SDN 014 Tarakan Bagikan Paket Sembako ke Siswa Kurang Mampu

30 Maret 2024 - 19:49 WITA

blank

Tak Penuhi Unsur Pidana, Bawaslu Tarakan Hentikan Laporan Terhadap Caleg EH

22 Maret 2024 - 06:46 WITA

blank

Satu-Satunya di Kaltara, Bunda Paud Tana Tidung Raih Penghargaan Kebijakan Merdeka Belajar

20 Maret 2024 - 16:15 WITA

blank
Trending di Daerah