Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Fokus · 14 Mei 2020 03:34 WITA ·

Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19, Karang Taruna Kp. 4 Sulap Pekarangan Jadi Kebun Sayur


Sayuran Hidroponik Karang Taruna Kp 4. Poto: Istimewa Perbesar

Sayuran Hidroponik Karang Taruna Kp 4. Poto: Istimewa

TARAKAN – Kreatif, puluhan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Kelurahan Kampung 4 Kota Tarakan, memanfaatkan pekarangan rumah jadi lahan hijau.

Memanfaatkan pekarangan rumah sebagai alternatif menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 dan diberlakukanya PSBB. Taruna Karang Taruna Kampung Empat sulap pekarangan menjadi area hijau kebun sayur.

Ketua Karang Taruna Kampung 4, Sugeng mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelancaran distribusi pangan di berbagai wilayah.

“Dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan, kami taruna berinisiatif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi lahan sekitar,” jelas Sugeng, Rabu (13/5/2020).

Pekarangan rumah yang terletak di Jalan Sei. Berantas RT 01 Kelurahan Kampung Empat Kecamatan Tarakan Timur ini dimanfaatkan menjadi demontration plot (Demplot) dengan berbagai komoditas pangan khususnya sayuran.

“Ada berbagai macam sayur seperti selada, sawi kailan, sawi sendok (Pokcoy),” katanya.

Demplot Ini juga sebagai tempat pembelajaran, sehingga hal-hal tersebut dapat menarik minat masyarakat agar tertarik melakukan hal serupa.

Tidak ditanam langsung ke tanah, Sugeng mengungkapkan, dengan luas lahan hanya 7 kali 7 meter persegi, proses penanaman menggunakan sistem hidroponik.

Kelompok ini juga menggunakan bahan bekas Box Buah tanpa menggunakan listrik, sehinga lebih hemat energi.

“Kami sejauh ini telah dan sedang melakukan pendampingan kepada beberapa masyarakat yang berminat untuk berhidroponik mulai dari penyemaian, panen hingga sampai pada tahap kemandirian,” bebernya.

Karang Taruna yang beranggota 20 orang ini berharap upaya ini terus berlanjut, bdbarengi dengan kesadaran masyarakat untuk ikut melakukan hal serupa.

“Pola pikir masyarakat dinilai perlu diubah tentang pentingnya ketahanan pangan, dan itu dapat dilakukan dengan sederhana di lingkungan rumah, seperti pekarangan dan lainya,” tutup sugeng. (wic/iik)

Artikel ini telah dibaca 491 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Fungsi Poskamling Akan Kembali Diaktifkan

27 Januari 2022 - 17:38 WITA

Keroyok Satu Siswa, 3 Pelajar SMA Diamankan Polsek Tarakan Barat

27 Januari 2022 - 15:54 WITA

Paguyuban di Tarakan Desak Aparat Proses Edy Mulyadi

27 Januari 2022 - 12:58 WITA

Lantamal XIII Tarakan Swab Massal Prajurit Markas dan KRI Pari – 849

26 Januari 2022 - 12:01 WITA

36 Pegawai BKP Tarakan Tes Urine, Semua Negatif Narkoba

26 Januari 2022 - 11:44 WITA

Tiga UPT Kemenkumham di Tarakan Komitmen Tingkatkan Kinerja

26 Januari 2022 - 09:54 WITA

Trending di Daerah