Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Fokus · 14 Apr 2021 17:08 WITA ·

BNNP Kaltara Larutkan 2 Kg Sabu Kedalam Air, 4 Tersangka Diminta Menyaksikan


BNNP Kaltara Musnahkan Barang Bukti Sabu-Sabu Seberat 2 Kilogram. foto: fokusborneo.com Perbesar

BNNP Kaltara Musnahkan Barang Bukti Sabu-Sabu Seberat 2 Kilogram. foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara kembali memusnahkan barang bukti berupa narkotika golongan I jenis sabu-sabu. Pemusnahan dilaksanakan di halaman Kantor BNNP Kaltara Jalan Teuku Umar, Tarakan, Rabu (14/4/2021).

Setelah dilakukan uji laborataorium oleh tim dari Labkesda Kota Tarakan dan positif zat metafetamin, dua kilo sabu-sabu dalam betuk kristal langsung dimusnahkan dengan cara di larutkan kedalam toples besar berisi air.

Pemusnahan juga disaksikan langsung ke empat tersangka, kemudian hadir Kapolres Tarakan, Kepala Bea Cukai Tarakan, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, dan Kalapas Tarakan.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Samudi mengatakan, sabu-sabu yang dimusnahkan adalah hasil pengungkapan kasus pada 8 Maret 2021 bersama tim Bea Cukai Tarakan di Pulau Ladang Kabupaten Bulungan.

“Pemusnahan kita lakukan sesuai dengan aturan dan prosedur, dimana kita sisihkan 0,5 gram untuk persidangan,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk pengungkapan kasus terjadi pada 8 Maret 2021 bahwa akan terjadi transaksi narkotika dari perbatasan Indonesia Malaysia dengan menggunakan perahu nelayan.

“Lalu, kita berkoordinasi dengan Bea Cukai Tarakan untuk melakukan penyelidikan dan ditemukan kapal mencurigakan, dan akhirnya diamanakan seorang laki-laki atas nama AB dan dari tanya tersangka didapatkan barang bukti diduga sabu-sabu 2 kilogram dalam dua bungkus plastik,” ungkapnya.

Tidak berhenti, BNNP terus melakukan penyidikan dan pengembangan dan berhasil menangkap seorang laki-laki atas nama (inisial) ES yang ditugasi untuk mengambil atau menjemput narkoba dari AB.

“Kita kembangkan lagi, didapatkan orang yang menyuruh, masih statusnya warga binaan Lapas Kelas II A Tarakan, tim turun kesana (Lapas) dibantu Kalapas dan menangkap SA,” terangnya.

Kepala BNNP mengatakan, setelah menangkap SA ternyata belum berhenti dan masih ada yang mengendalikan dan kemudian diamankan satu orang lagi warga binaan atas nama AS.

“Sehingga kita tetapkan sebagai tersangka dalam kasus sabu 2 kilogram ini sebanyak 4 orang,” katanya.

Keempat tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (2) dengan hukuman penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. (wic/iiK)

Artikel ini telah dibaca 268 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

750 PKL dan Warung di Tarakan Terima Bantuan Rp1,2 Juta

16 Oktober 2021 - 10:35 WITA

Gandeng Tokoh Politik Nunukan, Polda Kaltara Salurkan Bansos Kepada Warga

15 Oktober 2021 - 15:15 WITA

Program Peduli Covid-19, Polda Kaltara Salurkan Bansos Kepada Warga Nunukan

15 Oktober 2021 - 14:48 WITA

Waspada Penipuan Berkedok Lelang, KPKNL Tarakan Terima 2 Aduan 

14 Oktober 2021 - 20:23 WITA

Tidak Diijinkan Pasang Sambungan Listrik Baru, Warga di 5 RT Pantai Amal Ngadu Ke DPRD

14 Oktober 2021 - 11:57 WITA

Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar

11 Oktober 2021 - 18:10 WITA

Trending di Daerah