Menu

Mode Gelap

Nasional · 30 Okt 2021 14:46 WITA ·

Salur Bansos Ke Lokasi Sulit di Kaltara, Mensos Siapkan Anggaran Transportasi


					Mensos Tri Rismaharini. Foto : Humas Kemensos. Perbesar

Mensos Tri Rismaharini. Foto : Humas Kemensos.

TARAKAN – Dalam sesi pemadanan data dan evaluasi penyaluran bansos di Kalimantan Utara (Kaltara), Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapatkan penjelasan tentang kondisi geografis yang sulit. Mensos memastikan akan membantu menyiapkan biaya transportasi air dan udara, untuk menjangkau penerima manfaat di lokasi tersebut.

width"300"

“Seluruh kepala Dinas saya minta untuk merinci daerah mana yang sulit geografisnya. Ajukan ke kami akan disiapkan anggaran untuk bisa mengantarkan bantuan ke wilayah tersebut. Jadi tidak ada lagi bicara daerah sulit,” kata Mensos di Tarakan (29/10/21).

width"300"
width"400"

Di antara daerah yang masuk kategori sulit adalah beberapa kecamatan di Kota Tarakan, ada  5 daerah di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, ada 1 desa di Kecamatan Apo Kayan, di Kecamatan Lumbis Ogong ada 3, dan Kecamatan Pujungan ada 3 desa.

width"400"
width"450"
width"500"

Dalam pertemuan tersebut, Mensos mengarahkan pihak bank dan kepala dinas sosial, untuk mengidentifikasi daerah yang sulit namun posisinya berdekatan. Langkah selanjutnya, pihak bank diminta untuk mengirimkan bantuan secara rapel (sekaligus) dengan uang cash di satu titik untuk daerah yang berdekatan tersebut.

“Saya akan siapkan anggaran untuk sewa alat transportasi untuk daerah sulit. Kalau perlu kita sewa pesawat khususnya untuk daerah yang tidak bisa diakses dengan transportasi darat dan air,” kata Mensos.

width"400"
width"500"
width"500"

Untuk daerah terpencil tersebut, Mensos menginstruksikan agar pembayaran yang tertunda selama tiga bulan dilakukan sekaligus dengan uang cash, dalam hal ini termasuk untuk Kota Tarakan.

width"300"

“Saya minta untuk Kota Tarakan clear bantuan bisa diantarkan ke KPM pada hari Minggu,” kata Mensos.

Di Kota Tarakan diketahui ada sebanyak 1.672 KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT)/Program Sembako yang belum transaksi. Dan sebanyak 226 KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum transaksi.

Di daerah-daerah yang disebut di atas, termasuk Kecamatan Kayan Hilir, Kayan Hulu, Kayan Selatan dan Sungai Boh, membutuhkan tenaga ekstra untuk menjangkau domisili KPM.

Kontur geografis yang berupa sungai dan laut membuat proses salur bantuan bisa menghabiskan waktu hingga 15 jam. Mensos juga menyatakan kesiapan membantu dengan transportasi air berupa penyewaan speedboat.

Dengan dukungan tersebut, Mensos meminta semua pihak terkait untuk bisa mengatasi tantangan yang ada. “Jalankan tugas kita dengan sebaik-baiknya pak. Kalaupun tantangannya berat ya harus dijalani,” katanya.

Hadir dalam kesempatan ini mendampingi Mensos, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dirjen Penanganan Fakir Miskin, dan Staf Khusus Menteri. Hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Dato Iqro Ramadhan, Walikota Tarakan Khairul, Anggota DPD  RI Komite lll Hasan Basri, dan Anggota Komisi VIII DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 26 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Telkomsel Area Pamasuka Ajak Pelanggan Raih Keberkahan Ramadan & Idulfitri 1445 H Serta Menjamin Kenyamanan Layanan Pelanggan

1 April 2024 - 22:12 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Sampaikan RLPPD TA 2023 ke Menteri Dalam Negeri

30 Maret 2024 - 10:22 WITA

blank

Buka Layanan Aduan di Medsos, Pengamat: Bupati Dico Ingin Dekat Rakyatnya

27 Maret 2024 - 13:13 WITA

blank

Komitmen Tanpa Batas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

20 Maret 2024 - 20:35 WITA

blank

Survei Sebut Dico Kandidat Kuat Cagub Jateng, Pengamat: Muda Potensial dan Punya Bukti Kerja Nyata

13 Maret 2024 - 09:46 WITA

blank

Tiga Tahun Berturut-turut, Bupati Kendal Kembali Raih Penghargaan Baznas Awards 2024

2 Maret 2024 - 12:42 WITA

blank
Trending di Nasional