Menu

Mode Gelap

Opini · 24 Mei 2023 15:56 WITA ·

Wisata ke Air Terjun Busoi Tampilon Desa Tinampak I, kec. Tulin Onsoi Tawarkan Keunikan dan Udara Sejuk


					Wisata ke Air Terjun Busoi Tampilon Desa Tinampak I, Kec Tulin Onsoi Perbesar

Wisata ke Air Terjun Busoi Tampilon Desa Tinampak I, Kec Tulin Onsoi

Nunukan – Beragam destinasi wisata di kecamatan Tulin Onsoi dengan keindahan alam yang sangat mempesona, antara lain ada puncak, bukit-bukit indah, hingga air terjun yang juga menjadi tujuan utama masyarakat di sana. Kekayaan alam seperti ini menjadi daya tarik bagi warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Air terjun Busoi Tampilon merupakan salah satu obyek wisata di kec. Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Air terjun Busoi Tampilon memiliki keunikan tersendiri dengan susunan batu alam yang sangat menarik. Jaraknya sendiri tidak begitu jauh dari desa Sanur yang menjadi titik kumpul dan istirahat para wisatawan lokal.

width"500"

Menurut beberapa wisatawan setempat Busoi Tampilon ini dinyatakan sebagai air terjun yang paling indah, sebab air terjun dengan tinggi kurang lebih 15 meter ini mempunyai struktur bebatuan yang tersusun rapi menjulang tinggi dan bertingkat. Kawasan air terjun ini juga masih alami dengan udara yang sejuk dan segar karena belum banyak diketahui oleh wisatawan luar.

width"400"

Agar bisa menikmati keindahan air terjun ini, pahami dulu dimana lokasinya berada. Air Terjun Busoi Tampilon ini berada sekitar 40 km dari kec. Tulin Onsoi dan Sebuku. Tepatnya berada di desa Tinampak I, Kecamatan Tulin Onsoi. Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat untuk menuju air terjun Busoi Tampilon karena memang lokasinya agak tersembunyi.

Selain menikmati keindahannya, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing, bakar ikan, camping dan hal seru lainnya. Mulailah untuk merencanakan hari libur bersama dengan teman-teman ke desa Tinampak I qaqa kec. Tulin Onsoi. Namun jika anda berniat berwisata ke Busoi Tampilon tidak rekomendasikan untuk menuju kesana ketika musim hujan karena dikhawatirkan terjadi banjir.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai perjalanan ke wisata air terjun Busoi Tampilon yakni ;
– Mengetahui Rute Perjalanan
Karena lokasinya yang tersembunyi maka akan sangat baik jika anda memiliki rencana A, B dan C ketika dalam perjalanan menemui kendala. Jika dari kecamatan Tulin Onsoi dan Sebuku maka jarak air terjun ini adalah 40 km, untuk itu ketahui bagaimana rute perjalanan agar bisa sampai di lokasi wisata. Jangan segan untuk bertanya pada warga yang ada di desa Tinampak karena bagi warga setempat lokasi air terjun ini cukup populer.

width"400"

– Membawa Bekal
Bawalah bekal dari rumah untuk menemani perjalanan anda dan selama di tempat wisata. Tidak masalah membawa banyak barang bawaan sebab anda juga tidak jauh berjalan kaki untuk menuju tempat wisata air terjun ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan baik di tempat wisata ataupun selama perjalanan.

– Gunakan Alas Kaki atau sepatu yang Nyaman
Karena seperti yang kita tahu bahwa medan di tempat wisata air terjun ini tentu tidaklah seperti tempat wisata lain, anda butuh alas kaki yang nyaman dan kuat. Pastikan bahwa alas kaki Anda memiliki bagian bawah yang tidak mudah tergelincir agar aman untuk menapak, pilih alas kaki yang pas, tidak terlalu kecil atau terlalu besar di ukuran kaki kita.

– Mengutamakan Keselamatan
Bagaimanapun keseruan di tempat wisata, jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan, baik untuk diri sendiri ataupun orang lain. Sebaiknya datang disaat musim kemarau, karena saat musim hujan kondisi sangat becek dan dikhawatirkan adanya banjir. Maka dari itu utamakan selalu keselamatan dan mengetahui bagaimana medan yang akan dilewati.

Berbicara mengenai keindahan dari air terjun ini memang tak akan ada habisnya, meski sering menuai kontroversi karena banyak sudut pandang yang berbeda. Namun tak bisa dielak bahwa air terjun ini tentu menawarkan keindahan bagi siapa saja yang datang, bahkan menjadi wisata air terjun favorit di Tulin Onsoi. Air terjun Busoi Tampilon merupakan keindahan satu dari sekian banyak yang dimiliki Kalimantan.

Sayang rasanya jika tak mengeksplor apa yang tersaji di sekitar kita seperti objek wisata terbaik ini. Tetap jaga alam dan hutan Borneo. Lestari Budayaku Kaya Negeriku.

Penulis : Rumaisha Zaina

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 125 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Kampus Cerminan Negara/Negara Cerminan Kampus?

13 Februari 2024 - 13:56 WITA

blank

Dari Gerbang Sekolah Menuju Gerbang DPRD

7 Februari 2024 - 14:31 WITA

blank

Strategi Peningkatan Kinerja Legislasi Sekretariat DPRD Provinsi Kaltara Melalui Sistem Informasi Badan Pembentukan Peraturan Daerah

16 November 2023 - 13:13 WITA

blank

Pendekatan Multi Perspektif Untuk Cegah Stunting di Kaltara

15 November 2023 - 16:52 WITA

blank

Dianto Bayu ‘’Yuyud’’ Saputro

13 November 2023 - 13:30 WITA

blank

Swasembada Semen Krayan

8 November 2023 - 05:33 WITA

blank
Trending di Opini