Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 13 Jul 2020 14:51 WITA ·

16 Calon Taruna Akmil TNI Lulus Sidang Parade


16 Calon Taruna Akmil TNI Lulus Sidang Parade Perbesar

BALIKPAPAN- Ditengah merebaknya virus Covid-19 yang tak kunjung reda saat ini, berdampak cukup signifikan hampir di semua bidang, tak terkecuali kegiatan Sidang Parade Calon Taruna Akademi Militer (CATAR AKMIL) TA 2020.

Sebanyak 58 orang calon Taruna Akademi Militer (Akmil) yang merupakan pemuda terbaik Provinsi Kalimantan Timur mengikuti Sidang Parade Catar (Calon Taruna) Akmil TA. 2020 yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto di Aula Makodam VI/Mlw. Senin (13/7/2020).

Dalam Sidang Parade ini, terpilih 16 Catar yang lulus dan berhak untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Pada tahapan seleksi tingkat Panitia Daerah tersebut mereka harus bersaing ketat dengan peserta lain se-Kodam VI/Mlw untuk menjadi yang terbaik, agar bisa lulus ke seleksi tingkat pusat nantinya.

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menjelaskan bahwa pemilihan calon prajurit khususnya Taruna Akademi Militer ini pada setiap pentahapan seleksi harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting yang berorientasi pada kualitas Sumber Daya Manusia untuk memperoleh calon prajurit yang memiliki kualitas yang terbaik.

Lebih lanjut, pimpinan utama Kodam VI/Mlw itu mengatakan “Sidang parade ini merupakan salah satu proses memilih calon yang memenuhi syarat berdasarkan hasil seleksi dan pemeriksaan yang ketat yaitu meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani dan postur tubuh sebagai syarat untuk mengikuti Rik/Uji tingkat Panda. Perlu diketahui bagi peserta sidang, bahwa apa yang akan diputuskan dalam sidang Parade Taruna Akademi Militer, merupakan tahap awal yang harus menjadi perhatian,” katanya.

“Maka dari itu, saya tekankan agar didalam menentukan kelulusan calon, tetap obyektif dan transparan, karena hasil pemilihan calon tersebut akan dipertanggungjawabkan oleh Tim Pemeriksa atau Penguji dalam menentukan calon terbaik diantara calon-calon yang terpilih,” tegas Pangdam.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino mengatakan bahwa dalam pemilihan harus dilaksanakan dengan teliti dan cermat sehingga calon yang terpilih adalah calon yang benar-benar memenuhi syarat sehingga kedepannya TNI AD akan semakin Profesional, Efektif, Efisien dan Berkualitas.

“Untuk calon yang lulus tahap awal, agar mempesiapkan diri dalam menghadapi seleksi tahap berikutnya sedangkan bagi yang belum berhasil akan diberikan penjelasan tentang kekurangan calon taruna sebagai bahan evaluasi bagi yang bersangkutan untuk memperbaiki diri bila akan mengikuti seleksi di tahun yang akan datang,” ujar Kapendam.(**/mt)

Artikel ini telah dibaca 1.349 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sumpah Pemuda Ke-93, Jamhari: Pemuda Harus Bangkit di Tengah Pandemi

28 Oktober 2021 - 08:58 WITA

Uji Kemampuan Fisik Prajurit,Kodim 0907/Trk Gelar Garjas Periodik II

28 Oktober 2021 - 06:15 WITA

Bentuk Kepedulian, Kodim 0907/Tarakan Berikan Bantuan Sembako Untuk Korban Kebakaran

27 Oktober 2021 - 20:46 WITA

Desa Bandan Bikis Sambut Baik Program Gebyar Pemda KTT

27 Oktober 2021 - 18:15 WITA

Ketua TP-PKK Rachmawati Zainal akan Promosikan Batik Kaltara ke Ajang Nasional

27 Oktober 2021 - 17:29 WITA

1.000 Unit Rumah ASN Pemprov Dibangun Tahun Depan

27 Oktober 2021 - 17:21 WITA

Trending di Advetorial