Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 30 Jul 2021 19:21 WITA ·

Banyak Warga Isoman, Karang Taruna Usul Dapur Umum Tiap RT


Kondisi Lalulintas Kota Tarakan, Warga Masih Beraktifitas di Tengah Pandemi. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Kondisi Lalulintas Kota Tarakan, Warga Masih Beraktifitas di Tengah Pandemi. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Untuk menjamin kebutuhan makanan dan obat – obatan/vitamin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, Karang Taruna Kota Tarakan berharap ada program 1 RT 1 dapur umum.

Ketua Karang Taruna terpilih, Roniansyah menjelaskan, dapur umum ini sekaligus memberdayakan warung, kafe, rumah makan dan UMKM yang terdampak PPKM Level 4.

“Program satu RT satu dapur umum dengan konsep gotong royong merupakan solusi yang efektif dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat yang terpapar Covid 19,” katanya, Jumat (30/7/2021).

Warung, kafe, rumah makan dan UMKM yang terdampak pemberlakuan PPKM dapat diberdayakan untuk dijadikan sentra dapur umum di setiap lingkungan RT.

“Untuk mendukung program satu RT satu dapur umum diharapkan ada kerjasama dengan pihak perusahaan, perbankan, pengusaha dan komunitas sebagai donatur yang berada di lingkungan RT masing – masing,” ucapnya.

Karena program tersebut berkaitan dengan RT, mungkin domainnya FKKRT sebagai Forum yang mewadahi RT se Kota Tarakan untuk membuat dapur umum di tiap RT di lingkungan masing – masing jika memungkinkan dan bagian dari kebutuhan prioritas.

“Pandemi Covid 19 mengajarkan kita semua bahwa, membangun semangat gotong royong dalam satu perasaan harus dibangun dalam situasi ini dengan rasa solidaritas yang tinggi melalui kemitraan dan tanggung jawab sosial seluruh pihak,” ungkapnya.

Kedepan dapur umum ini tidak hanya digunakan saat pandemi covid 19, tetapi nantinya dapat digunakan saat terjadi bencana alam atau hal hal krusial lainnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah