Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 14 Okt 2021 20:23 WITA ·

Waspada Penipuan Berkedok Lelang, KPKNL Tarakan Terima 2 Aduan 


Doni Prabudi, Kepala KPKNL Tarakan. Foto: IST Perbesar

Doni Prabudi, Kepala KPKNL Tarakan. Foto: IST

TARAKAN – Waspada penipuan berkedok lelang di Tarakan, Provinsi Kaltara. Modus pelaku menghubungi korban dengan mengaku sebagai pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu), DJKN atau pegawai Kantor Pelayanan Kekayaaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan.

Kepala KPKNL Tarakan, Doni Prabudi mengungkapkan selama tahun 2021 hingga Agustus pihaknya menerima 2 aduan penipuan lelang.

“Penipuan lelang sampai Agustus ada 2 aduan, kita sudah tindaklanjuti ke pihak berwajib untuk proses hukumnya,” jelas Doni Prabudi saat konferensi pers pelaksanaan APBN Triwulan III di Kaltara, Kamis (14/10/2021).

Doni mengatakan, modus pelaku menghubungi korban mengatasnamakan pegawai KPKNL dan mentransfer uang dengan nominal tertentu.

“Penipu menghubungi nomor pribadi korban melalui telepon atau aplikasi chat. Mengaku sebagai pegawai KPKNL atau instansi lain, lalu pelaku menunjukkan bukti indentitas yang menyerupai pegawai Kemenkeu / DJKN / KPKNL / instansi lain,” ungkapnya.

Selanjutnya, pelaku menawarkan harga murah (lelang) yang tidak wajar. Harga yang ditawarkan sangat jauh di bawah harga pasar.

Setelah korbannya percaya, pelaku meminta uang muka (DP) yang ditransfer ke rekening pribadi dan pelaku meminta DP 10 – 30%.

“Rekening tujuan transfer DP atas nama pribadi, dan menjanjikan menang lelang,” katanya.

Selain menggunakan nomor telepon, penipu juga menggunakan akun media sosial palsu untuk menawarkan barang.

“Pelaku membuat akun palsu meniru akun resmi KPKNL atau DJKN. Akun palsu berisi foto barang dan daftar harga,” sambungnya.

Kepada masyarakat diimbau jika ada seseorang yang menghubungi dan mengatasnamakan pegawai KPKNL untuk meminta sejumlah uang silahkan dikonfirmasi langsung ke kantor KPKNL Tarakan. (wic/Iik)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lepas Pebalap Ketinting, Wagub Yansen Ingin Potensi Wisata Sungai Kayan Beri Devisa

20 Oktober 2021 - 11:39 WITA

180 Ribu Hektar Hutan Mangrove Direhabilitasi, Presiden Kenakan Sesingal saat Prosesi Tanam Bibit Mangrove

20 Oktober 2021 - 11:18 WITA

Dukung Gerakan Menanam Mangrove, Markus Ajak Masyarakat Ikut Menjaga Kelestarian Hutan

20 Oktober 2021 - 10:10 WITA

Kesan dan Apresiasi Para Dubes Ikut Tanam Mangrove Bersama Presiden

20 Oktober 2021 - 06:56 WITA

Presiden Serahkan Bantuan Modal, Pedagang Optimistis Perekonomian Kembali Normal

20 Oktober 2021 - 06:43 WITA

Senang PTM Dimulai, Pelajar Apresiasi Program Vaksinasi Pemerintah

20 Oktober 2021 - 06:27 WITA

Trending di Fokus