Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 22 Okt 2021 17:41 WITA ·

Ikuti dan Meriahkan Festival Silat Budaya Indonesia Se-Kaltara 24 Oktober 2021


Ketua Cabor Pencak Silat, Sulaiman Perbesar

Ketua Cabor Pencak Silat, Sulaiman

TARAKAN – Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Provinsi Kalimantan Utara siap menggelar festival silat budaya se-Kaltara dalam rangka memeriahkan HUT Kaltara ke-9. Perlombaan akan digelar pada 24 Oktober 2021 di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Ketua cabor silat, Sulaiman menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kaltara ke-9, sekaligus memperkenalkan APPSBI Kaltara di bawah Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi).

“Kalau untuk lombanya itu akan kita laksanakan tanggal 24 Oktober di Tugu Tanjung Selor, jadi dia bentuknya bukan perlombaan tapi lebih ke ikut memeriahkan ajalah karena mengingat waktu dan anggaran,” jelas Sulaiman, Jumat (22/10/2021).

Peserta yang akan berpartisipasi dan ikut meraimakan akan diberikan piagam penghargaan dan ditandatangi langsung oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP selaku Ketua Kormi Kaltara.

“Serta ada uang pembinaan atau partisipasi kepada peserta yang hadir, semua siapapun yang hadir kita berikan penghargaan. Jadi kita tidak melihat juara 1, juara 2, tapi kita lebih ke memberikan reward atau penghargaan bagi yang meramaikan atau berpartisipasi meramaikan kegiatan HUT ini dengan APPSBI,” tegasnya.

Setiap peserta yang hadir nantinya akan memperagakan silat budaya masing-masing baik silat lokal, nasional maupun internasional. Saat ini sudah ada perguruan yang mendaftar seperti IKSPI Kera Sakti V, Perinas Asad KTT, Persaudaran setia hati tunas muda winongo Tanjung Selor, PSHT Tanjung Selor, Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan Kuntau Bulungan.

“Alhamdulillah sebenarnya antusias peserta ini banyak yang mendaftar, kalau untuk data kita sendiri aja ada 6 Perguruan yang mendaftar. Setiap Perguruan mereka mengirimkan 4 atau 3 personil. Ada juga 11 karena ada beberapa yang menampilkan atraksinya juga,” katanya

Panitia juga berharap semua perguruan dapat ikut serta dan tampil memeriahkan acara ini untuk mengenalkan budaya silat lokal kepada masyarakat, sekaligus memeriahkan HUT Kaltara ke-9.

Sulaiman mengakui persiapan dan waktu sangat terbatas, sehingga beberapa perguruan tidak bisa ikut serta memeriahkan festival ini. Namun panitia sudah semaksimal mungkin melakukan persiapan salah satunya koordinasi dengan Kesbangpol, kemudian membuat flayer yang disebar ke Kabupaten dan Kota di Kaltara.

“Kita sudah membuatkan flyer bahkan sudah sampai ke Nunukan, KTT jadi ada peserta dari KTT, Nunukan tidak ada balasan cuma ada konfirmasi. Alhamdulillah sudah sampai ke Nunukan bahkan sampai teman-teman di Jakarta malah mau ikut juga. Ya sampai dipusat flyer itu karena dikirim di grup, medsos, jadi semua menanya apakah lomba jadi kita terangkan,” pungkasnya. (wic/iik)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah