Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 1 Des 2021 15:16 WITA ·

Hilang Kontak di Perairan Tarakan, KM Subur Indah dan 5 ABK Ditemukan Selamat Dekat Ambalat


Hilang Kontak di Perairan Tarakan, KM Subur Indah dan 5 ABK Ditemukan Selamat Dekat Ambalat Perbesar

TARAKAN – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan Kapal Motor (KM) Subur Indah dan 5 orang anak buah kapal (ABK) di perairan Pancang Putih di dekat Ambalat, Rabu (1/12/2021).

Sebelumnya KM Subur Indah dilaporkan hilang kontak oleh pemiliknya saat melakukan pelayaran dari Jembatan Besi Tarakan menuju Sebatik Nunukan dengan membawa bahan bangunan dan sembako.

KM Subur Indah hilang kontak di perairan Pantai Amal Tarakan, pada tanggal 28 November 2021 sekiar pukul 01.00 Wita dan dilaporkan ke Kantor Kansar Tarakan pada tanggal 29 November 2021.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Tarakan, Amiruddin menjelaskan bahwa berdasarkan inoformasi tim di SAR di lapangan, sekita pukul 09.10 Wita tim SAR gabungan berhasil menemukan KM Subur Indah berserta 5 ABK.

“Pada pukul 09.10 Wita kapal KM Subur Indah yang lost contact 3 hari lalu ditemukan dalam keadaan selamat dan seluruh krunya dalam kondisi sehat,” ujarnya.

KM Subur Indah ditemukan di perairan Pancang Putih didekat Amabat, posisi ditemukan yaitu 26 Noutical Mile (NM) dari pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan mengarah 113 derajat.

Di ketahui kapal tersebut mengalami kerusakan pada mesin pada bagian hast propeller sehingga kapal mati mesin dan terombang – ambing.

“Selanjutnya kapal tersebut dilakukan penarikan oleh owner (pemilik) menggunakan kapal penarik menuju pelabuhan Sungai Nyamuk, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan,” katanya.

Saat proses penarikan menuju Sungai Nyamuk, KN Seta milik Kansar Tarakan turut serta mendapingi perjalanan kapal hingga selamat sampai tujuan.

Sekitar pukul 11.15 wita akhirnya KM Subur Indah sampai di Pelabuhan di wilayah Sungai nyamuk Kaupaten Nunukan, dan operasi SAR resmi dinyantakan ditutup dan kembal ke satuan masing-masing.

Data Korban Selamat

1. Tahir (30 TH) Nahkoda
Alamat : Ds.Bukit Aru Indah Kec. Sebatik Timur kab. Nunukan
2. Erwin (35 TH) ABK
Alamat : Ds. Sungai Bajo Kec. Sebatik Timur Kab. Nunukan
3. Putra (25 TH) ABK
Alamat : Ds. Sei Pancang Kec. Sebatik Utara Kab. Nunukan
4. Iksan ( 25 TH) ABK
Alamat : jembatan Besi Tarakan
5. Sudi (40 TH) ABK
Alamat : kampung Sinjai, Ds. Lapri Kec. Sebatik Utara kab. Nunukan

(wic/iik)

Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah