Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 23 Jan 2022 21:38 WITA ·

Gerakan Perempuan Menanam Pohon, Libatkan Berbagai Organisasi Wanita Se-Kaltara


Foto : Dkisp Kaltara Perbesar

Foto : Dkisp Kaltara

Tanjung Selor- Ketua TP-PKK Kalimantan Utara (Kaltara), Hj. Rachmawati Zainal, SH menandai hari ini, Minggu (23/1) menjadi langkah awal bagi gerakan perempuan menanam pohon sebagai tugas mulia kaum perempuan selaku mitra strategis Pemerintah Provinsi Kaltara. Rachmawati dalam sambutannya memberikan contoh kecil darinya dalam memberdayakan lingkungan melalui gerakan menanam.

“Jadi nanti ibu-ibu ke rumah jabatan (Gubernur, red) silahkan ketika sebelum saya masuk masih hutan belantara dan ada beberapa lahan yang tidak terkelola, sekarang kita tanam beberapa pohon dan tanaman. Saya mencoba berkiprah dulu dari mulai lingkungan saya, dengan cara memberdayakan apa yang ada. Sekarang ada madu kelulut, kolam lele sehingga lingkungan kita terjaga,” ungkapnya.

Dirinya berharap seluruh organisasi wanita di Kaltara bisa lebih berkiprah melalui lingkungan terkecil yaitu diri sendiri. Rachmawati juga turut menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Kaltara melalui Perangkat Daerah yang telah memfasilitasi Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Kaltara dan Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI)

“Baru kepada lingkungan dan masyarakat. Selanjutnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Pemprov Kaltara yang telah mendukung BKOW dan FPPI, semoga terwujud Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” ucap istri orang nomor satu di Kaltara ini.

Kepada Jurnalis DKISP Kaltara, Rachmawati Zainal mengungkapkan gerakan penuh manfaat ini baik bagi lingkungan serta mampu memberikan nilai tambah ekonomi keluarga. Selain itu kiprah organisasi wanita juga diharapkan Rachma aktif bermitra satu dengan lainnya.

“Di setiap daerah kami selalu menyarankan agar mereka aktif bermitra, baik itu bhayangkari (Polri) ataupun persit (TNI). Kami juga bermitra dengan OPD meminjam lahan sejumlah dua hektar untuk menjadi percontohan (gerakan menanam, red),” tambahnya.

Terakhir Rachmawati mengimbau kepada seluruh organisasi dan masyarakat Kaltara untuk menggalakan semangat menanam pohon, lestarikan alam Kaltara.

“Ayo masyarakat Kaltara, kita bersama-sama jaga, lestarikan lingkungan, dengan lahan dan kesuburannya Kaltara adalah surga dunia karena apapun yang kita tanam dan rawat dengan baik maka akan tumbuh dengan mudah. Ayo sama-sama berocok tanam, dengan menata lingkungan kita bisa menambah ekonomi keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua BKOW Kaltara, Ainun Farida mengatakan gerakan perempuan Kaltara menanam pohon ini mendapat respons baik oleh Ketua TP-PKK Kaltara.

“Kita sangat bersyukur sekali kegiatan ini didukung Ibu Gubernur,” ungkapnya.

Ainun mengungkapkan tujuan utama gerakan yang melibatkan berbagai organisasi wanita ini adalah melestarikan alam Kaltara, menjaga lapisan ozon, mengurangi efek rumah kaca serta menambah pemasukan ekonomi keluarga.

“Buah dan sayuran ditanam seperti Durian Musangking, Lengkeng, Mangga, Rambutan, dan Cabai yang ditanam di pekarangan rumah,” terangnya.

Terakhir Ketua BKOW Kaltara tersebut menekankan kembali agar seluruh organisasi wanita tidak ragu bermitra dengan organisasi perangkat daerah untuk menjalankan berbagai program strategisnya melihat dukungan Pemprov Kaltara saat ini.

“Karena kita tidak memiliki anggaran yang mencukupi untuk itu kita harus bermitra dengan OPD-OPD agar program berjalan, karena dukungan pemprov luar biasa,” pungkas Ketua BKOW yang juga Legislator DPRD Kaltara tersebut. (CHAI/DKISPKaltara)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Petugas Lapas Tarakan Musnahkan Handphone Hasil Razia Gabungan

24 Mei 2022 - 11:40 WITA

Hati – Hati Bisa Meledak! Bom Sisa Perang Dunia Ke II Tak Ada Tanggal Kadaluwarsanya

24 Mei 2022 - 11:24 WITA

Bom Seberat Setengah Ton Dievakuasi Tim Jibom Satbrimob Polda Kaltara

23 Mei 2022 - 21:40 WITA

Silaturahmi dengan Warga Sulsel di Tarakan, Andi Rakhmat Ingin Melepas Kangen

23 Mei 2022 - 19:29 WITA

Warga Tarakan Temukan Bom Ukuran Jumbo Peninggalan Perang Dunia Ke II

23 Mei 2022 - 18:23 WITA

Pimpin Harkitnas, Gubernur Dorong Transparansi pada ASN

23 Mei 2022 - 18:16 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!