Menu

Mode Gelap

Fokus · 24 Jun 2020 20:46 WITA ·

Jumlah Akses Tinggi, Server PPDB Tarakan Sempat Down


					Website PPDB Tarakan. Perbesar

Website PPDB Tarakan.

TARAKAN – Penerimaan Peserta Didik (PPDB) online di Kota Tarakan terjadi kendala dan banyak dikeluhkan masyarakat yang sulit mengakses aplikasi atau website PPDB secara online.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tarakan, Tarmiji menjelaskan, membenarkan bahwa server dan aplikasi PPDB online masih ada kendala dan terus dilakukan upaya pembenahan dan perbaikan.

“Aplikasi termasuk juga salah satu server kita ada kendala, dan ini juga masih dalam tahap pembenahan,” jelasnya, Rabu (14/6/2020).

Tarmiji mengatakan, pada saat membludaknya pendaftar dihari-hari awal yakni pada Senin (22/6/2020) atau pertama pendftaran aplikasi error dan server down. Lebih lanjut saat ini pegawai di Diskominfo sedang melakukan pembenahan aplikasi dan server.

“Kita sudah koordinasi dan dari Dinas pendidikan juga sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk tetap melakukan penerimaan peserta didik baru ini. Dan kami dari Diskominfo mencoba membenahi dan kami berharap dalam waktu dekat ini bisa kita gunakan kembali,” katanya.

Tarmiji menambahkan, dari server sudah sempat bisa digunakan, namun dari aplikasi masih dilakukan beberapa pembenahan. Untuk server PPDB yang dipakai yakni server milik Pemerintah Kota Tarakan.

“Kalau server ini, kita masih pakai pemkot punya, untuk penggunaan server pihak ketiga itu bagian alternatif, kalaupun kemampuan server kita nanti tidak bisa,” katanya.

Secara umum, Ia mengatakan pada saat awal PPDB pertama server down, kemudian diperbaiki, sudah bagus kemudian down lagi. Untuk hari ketiga ini juga masih belum bisa diakses dan masih dalam tahap pemetaan secepatnya diharapkan dalam waktu dekat bisa di update.

“Ini kan baru tahun ini kita pegang aplikasi dan server PPDB untuk kota Tarakan, nah sebelumnya sudah pernah kita lakukan trial seminggu sebelum pelaksanaan PPDB. Trial itu kita lakukan di sekolah-sekolah di Dinas dan pada saat itu teman-teman menganggap bagus aja, lancar-lancar aja,” bebernya.

Tarmiji menambahkan, kemungkinan pada saat uji coba itu masih sedikit orang yang mengakses aplikasi PPDB, pada saat dibuka pendaftaran begitu membludak dan ternyata ada kendala, “Kita berharap semoga kendala ini bisa teratasi untuk jaringan aman aja Insya Allah,” pungkasnya. (wic/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 282 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Pj Wali Kota Tarakan Hadiri Wisuda XXXVI Universitas Borneo 

24 April 2024 - 18:22 WITA

blank

Pejabat Wali Kota Tarakan Lakukan Silahturahmi dengan Dinas Pendidikan Terkait PPDB

22 April 2024 - 21:19 WITA

blank

Karya Guru dan Pelajar Balikpapan Pecahkan Rekor MURI

19 April 2024 - 07:44 WITA

blank

Pj Wali Kota Tarakan Kunjungi SMP Negeri 6 Tarakan untuk Pengembangan Sekolah

18 April 2024 - 11:47 WITA

blank

PJ Walikota Tarakan Tegaskan ASN Masuk Kerja 16 April 2024, Sanksi Bagi yang Mangkir

15 April 2024 - 23:38 WITA

blank

Bukber dan Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan Melati, Hasan Basri : Berharap Ada Anak Kaltara Jadi Ketua DPD RI

6 April 2024 - 21:17 WITA

blank
Trending di Fokus