Menu

Mode Gelap

Fokus · 25 Jan 2022 15:52 WITA ·

Telkomsel Hadirkan Platform Digital Library Kios Pintar di Kaltara


					Telkomsel menyerahkan perangkat Digital Library KIPIN (Kios Pintar) kepada SMP Negeri 1 Tarakan sebagai bagian dari dukungan terhadap pemberlakuan kebijakan Belajar Jarak Jauh dan solusi kelas hybrid. Foto: IST/Telkomsel Perbesar

Telkomsel menyerahkan perangkat Digital Library KIPIN (Kios Pintar) kepada SMP Negeri 1 Tarakan sebagai bagian dari dukungan terhadap pemberlakuan kebijakan Belajar Jarak Jauh dan solusi kelas hybrid. Foto: IST/Telkomsel

TARAKAN – Sebagai upaya melanjutkan komitmen untuk mewujudkan percepatan digitalisasi yang dapat membuka semua peluang dan pengalaman digital baru bagi masyarakat, khususnya pada sektor pendidikan.

Telkomsel menyerahkan perangkat Digital Library KIPIN kepada SMP Negeri 1 Tarakan Kalimantan Utara sebagai bagian dari dukungan terhadap pemberlakuan kebijakan Belajar Jarak Jauh dan solusi kelas hybrid yang mulai diterapkan di beberapa wilayah serta penyediaan materi belajar yang sesuai dengan kurikulum nasional di seluruh jenjang pendidikan melalui pemanfaatan ekosistem digital yang terintegrasi.

Simbolis penyerahan dilakukan pada hari Selasa (25/1) oleh Manager Branch Telkomsel Tarakan Zaiful Effendi yang diterima langsung oleh Kepala SMP Negeri 1 Tarakan Mohammad Rachmat, M.Pd, turut  disaksikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan Eny Suryani, SH yang hadir di SMP Negeri 1 Tarakan.

Kehadiran Digital Library KIPIN menambah dukungan Telkomsel pada sektor Pendidikan di Kalimantan Utara khususnya kota Tarakan, sebelumnya juga telah menghadirkan solusi ekosistem sekolah melalui platform Skul.ID yang di implementasikan di SMKN 1 Tarakan, SMAN 2 Tarakan dan SMP 7 Tarakan. Serta broadband solution sebagai penunjang pendidikan melalui Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar bagi para Siswa dan Guru di kota Tarakan.

Perkembangan dunia digital sangat pesat di Indonesia, tidak terkecuali di dunia Pendidikan. Tren digital learning ini menginspirasi Telkomsel untuk meluncurkan Platform Digital Library KIPIN (Kios Pintar), aplikasi konten pendidikan yang membantu proses belajar mengajar siswa dan guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK. KIPIN merupakan perpustakaan digital terlengkap yang memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia khususnya di area rural dan 3T (terdepan, tertinggal, terluar) go digital dalam waktu 3 menit saja. Aplikasi KIPIN mobile dapat diunduh pada platform IOS, Android, Windows 10 melalui smartphone, tablet maupun laptop/PC.

Manager Branch Telkomsel Tarakan Zaiful Effendi mengatakan, “Melalui mesin Telkomsel Digital Library KIPIN ini, Telkomsel berkomitmen menghadirkan solusi digitalisasi sekolah sebagai salah satu upaya untuk mengatasi tantangan pendidikan terutama di masa pandemi Covid-19. Kami berharap anak-anak sekolah maupun para guru akan mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan kelas hybrid yang sesuai dengan penerapan kebiasaan baru.”

Kepala SMP Negeri 1 Tarakan Mohammad Rachmat, M.Pd menyampaikan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel atas semangat dan kontribusinya untuk terus membantu dunia pendidikan khususnya di kota Tarakan ini melalui platform digital yang diluncurkan. Kali ini kami mendapat dukungan dengan hadirnya platform KIPIN yang sangat membantu digitalisasi maupun proses belajar mengajar yang baik bagi para siswa dan guru”.

KIPIN menyediakan lebih dari 60.000 konten berupa video pengajaran, latihan soal try out, komikliterasi untuk siswa dan guru berstandar kurikulum nasional mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Selain dapat diakses secara online melalui aplikasi, KIPIN juga dapat digunakan secara offline melalui mesin yang telah terhubung dengan jaringan eduSPOT. Pengguna cukup berada dalam radius kurang lebih 10 meter dari mesin anjungan dan menghubungkannya dengan gawai pengguna, seluruh konten yang dimuat dalam layanan KIPIN dapat diakses serta diunduh secara gratis (download & go).

“Kami berharap kehadiran Digital Library KIPIN di wilayah tapal batas Kalimantan Utara di kota Tarakan ini menjadi salah satu aplikasi digital learning yang dapat berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sistem pendidikan yang selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional. Telkomsel terus berupaya menghadirkan nilai tambah melalui pemanfaatan ekosistem digital dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan digitalisasi Pendidikan.” Tutup Zaiful. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 127 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Institut Teknologi PLN Bersama APERTI BUMN Buka Program Beasiswa Nasional untuk Lulusan Setingkat SMA

23 Mei 2024 - 18:45 WITA

blank

Buka Gebyar PAUD, Bupati Malinau Ajak Bangun Moralitas Peserta Didik

21 Mei 2024 - 20:23 WITA

blank

Pemprov Kaltara Pastikan Siswa Terdampak Kebakaran Desa Long Beluah Dapat Beasiswa Kaltara Unggul

21 Mei 2024 - 18:50 WITA

blank

Juara I Lomba Perpustakaan se-Kaltara, SMAN 2 Tana Tidung Wakili Lomba Tingkat Nasional

21 Mei 2024 - 15:22 WITA

blank

Walikota Rahmad Mas’ud Komitmen Berikan Fasilitas dan Sapras Pendidikan yang Berkualitas

21 Mei 2024 - 07:03 WITA

blank

Dijanji Proyek, Pengusaha Tarakan Ditipu Ratusan Juta

19 Mei 2024 - 23:40 WITA

blank
Trending di Fokus