Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 23 Mei 2022 21:40 WITA ·

Bom Seberat Setengah Ton Dievakuasi Tim Jibom Satbrimob Polda Kaltara


Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara Evakuasi Bom Peninggalan Perang Dunia ke II. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara Evakuasi Bom Peninggalan Perang Dunia ke II. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara mengevakuasi Bom berukuran jumbo peninggalan perang dunia ke II ke lokasi aman, Senin (23/5/2022).

Sebelumnya Bom tersebut ditemukan oleh warga di RT 11, Kelurahan Juata Kerikil, Kecamatan Tarakan Utara saat menggali tanah pada Minggu (22/5) waktu Mahgrib.

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltara langsung turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi bom ke tempat lebih aman.

Dansatbrimob Polda Kaltara, Kombes Pol Noor Hidayat melalui PS Panit Jibom Detasemen Gegana, Bripka Budiyono mengatakan bom tersebut adalah jenis mortir yang dilemparkan dari pesawat dan diduga terjadi pada saat perang dunia ke II di Tarakan.

“Mortir yang dilemparkan lewat pesawat, sebenarnya ada ekornya sebagai penyeimbang tapi ini ekornya sudah putus tidak ada,” ujar Bripka Budiyono di lokasi.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan mortir tersebut memiliki ukuran panjang 1 meter lebih dan diameter sekitar 80 Centimeter dengan berat kurang lebih 500 kilogram atau setengah ton.

“Beratnya kurang lebih 500 kilogram, daya ledaknya mencapai radius 5 kilometer di area terbuka,” ungkapnya.

Sebagian pengetahuan masyarakat, untuk jenis bom militer ini tidak ada masa kadaluwarsa meski bentuknya jelek masih aktif.

Diperkirakan bom ini merupakan peninggalan perang dunia ke II di Tarakan. Melihat historinya pulau Tarakan ini rata-rata terdapat bom dan kebanyakan berada di wilayah pantai, dekat bandara dan area gunung. (wic/Iik)

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

29 Juni 2022 - 20:39 WITA

Peringati Harganas, Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stunting

29 Juni 2022 - 20:14 WITA

Menunggu 11 Tahun, 68 Calon Jamaah Haji Tarakan Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

29 Juni 2022 - 15:10 WITA

RT Karang Anyar Bersatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Aki Balak

29 Juni 2022 - 10:52 WITA

Terduga Lesbian Tanjung Pasir Pertanyakan Alasan Akan Diusir, Mereka Siap Rehabilitasi

28 Juni 2022 - 23:50 WITA

Gubernur Berikan Bantuan di Dua Lokasi Kebakaran

28 Juni 2022 - 23:44 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!