Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pendidikan · 9 Sep 2021 16:56 WITA ·

Tunggu Pergub Selesai, Beasiswa Kaltara Unggul Akan Dilaunching September ini


Pertemuan anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara bersama bagian Kesra dan Disdikbud Pemprov Kaltara. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Pertemuan anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara bersama bagian Kesra dan Disdikbud Pemprov Kaltara. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Beasiswa Kaltara Unggul dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, akan dilaunching 21 September 2021 ini. Beasiswa Kaltara Unggul, dianggarkan sebesar 15 miliar.

Rencana tersebut, disampaikan bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kaltara saat melakukan pertemuan dengan anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara di SMK Negeri 1 Kota Tarakan, Kamis (9/9/21).

Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara Syamsudin Arfah mengatakan pertemuan ini, hanya untuk mempertanyakan mekanisme pengajuan beasiswa Kaltara Unggul agar masyarakat lebih mengetahui. Beasiswa Kaltara Unggul ini, telah dianggarakan Pemprov Kaltara sebesar 15 miliar yang dibagi untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta sekolah keagamaan.

“Ini kami pertanyakan bagaimana mekanismenya, berapa besarannya dan lain sebagainya dan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Syamsudin Arfah diwawancarai Fokusborneo.com usai pertemuan.

Rapat dengar pendapatan Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara bersama Kesra dan Disdikbud Pemprov Kaltara. Foto : Fokusborneo.com

Sementara itu, Plt Kepala Biro Kesra Slamet Riyadi menjelaskan keterlambatan proses pendaftaran beasiswa Kaltara Unggul ini, disebabkan adanya perubahan nomenklatur. Di pemerintahan sebelumnya, beasiswa ini bernama Kaltara Cerdas dan sekarang berubah menjadi Kaltara Unggul.

width"450"
width"425"

“Waktu jaman Gubernur Irianto namanya  Kaltara Cerdas tahun ini ganti Kaltara Unggul. Keterlambatan ini kami masih menunggu regulasi agar tidak terjadi apa-apa kedepannya. Pergub (Peraturan Gubernur) ini nanti jadi dasar petunjuk teknis dan protap pencairan,” beber Slamet.

Beasiswa Kaltara Unggul yang dianggarkan sebesar 15 miliar tersebut, dikatakan Slamet ditempatkan dibagian Kesra. Beasiswa Kaltara Unggul ada dua macam diantaranya beasiswa khusus dan umum.

“Rencananya beasiswa Kaltara Unggul dilauncing tanggal 21 September 2021 di Kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT). Saat ini sedang menjalin kerjasama dengan Bankaltimra untuk pencairan beasiswa Kaltara Unggul. Jadi nanti pencairan hanya lewat satu bank agar lebih mudah,” ujar Slamet.

Dijelaskan Slamet, pendaftaran beasiswa Kaltara Unggul yang dilaksanakan secara online, akan dibuka sampai Oktober 2021. Pendaftar secara online ini, lebih efisien dan efektif. “Kelemahannya hanya terjadi di daerah tidak ada jaringan,” tutup Slamet.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 638 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tahun ini UBT Terima 2.137 Mahasiswa Baru

15 Agustus 2022 - 15:08 WITA

Tanggul Tulak Milik KPUC Jebol, Ketua DPRD Kaltara Minta Pemerintah Jangan Anggap Remeh

14 Agustus 2022 - 22:57 WITA

Silaturahmi ke Desa Kelapis Malinau, Ini Usulan Petani ke Fenry Alpius

14 Agustus 2022 - 22:36 WITA

Prodi Kedokteran Prioritaskan SDM Lokal

14 Agustus 2022 - 22:06 WITA

PKB – Gerindra Resmi Berkoalisi, Achmad Usman Harap Koalisi ini Semakin Solid

13 Agustus 2022 - 23:01 WITA

Ditemukan Dugaan Kasus Stunting di Desa Apung Bulungan, DPRD Minta Pemda Hadir

13 Agustus 2022 - 21:45 WITA

Trending di Advetorial
error: Alert: Content is protected !!