Menu

Mode Gelap

Politik · 12 Apr 2024 22:48 WITA ·

15 April 2024, PDIP Tarakan Buka Pendaftaran Penjaringan Calon Kepala Daerah


					15 April 2024, PDIP Tarakan Buka Pendaftaran Penjaringan Calon Kepala Daerah Perbesar

TARAKAN – Sejumlah partai politik (parpol) pemenang Pemilu 2024 sudah memulai penjaringan bakal calon kepala daerah di Kaltara. Sebelumnya, PKS dan Demokrat sudah membuka pendaftaran, giliran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membuka penjaringan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Tarakan, Edi Patanan mengatakan surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) berisi intruksi penjaringan calon sudah diterimanya.

“Surat dari DPP per tanggal 28 Maret 2024, seluruh DPC dan DPD diintruksikan untuk persiapan pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah, baik Gubernur dan Bupati, Wali Kota dan wakilnya,” ujarnya, dihubungi, Jumat (12/4/24).

Rapat menindaklanjuti surat dari DPP sudah dilakukan bersama DPD PDIP Kaltara untuk menyamakan persepsi terkait penjaringan kepala daerah di Kaltara. Khusus di Tarakan, Edi menerangkan pendaftaran dan penjaringan calon kepala daerah dan wakilnya dilakukan 15 April sampai dengan 30 April.

Rencananya pendaftaran akan dibuka di Sekretariat DPC PDIP Kota Tarakan, Jalan Aki Balak RT.15 No 50.

Baca juga :  PDIP Tana Tidung Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Mulai 15 April 2024

“Calon yang mendaftar ya kami persilahkan siapa saja bisa mendaftar ke PDIP sebagai calon kepala daerah dan wakilnya,” katanya.

Ada pun mekanisme dan aturan partai yang nantinya saat para calon mendaftar sebagai syarat penjaringan. Pihaknya juga akan mengevaluasi kembali calon yang akan mendaftar, hingga dilakukan fit and propertest dari PDIP.

“Ada juga nanti namanya sekolah partai. Jadi, semua calon itu harus mendaftar dulu kemudian evaluasi, fit and propertest dan sekolah partai,” terangnya.

Siapapun yang mendaftar, dipastikan Anggota DPRD Tarakan ini, memiliki peluang sama dengan kader atau pengurus partai yang ikut mendaftar.

“Nanti akan dilakukan survei di Tarakan dan tentunya melihat popularitas, elektabilitas dan rekam jejaknya. Jadi, semua akan menjadi bahan pertimbangan partai,” tegasnya.

Ketua DPC PDIP Kota Tarakan Edi Patana. Foto : Ist

Pada Pemilihan Legislatif 14 Februari lalu, perolehan suara PDIP di Tarakan suara cukup tinggi. Bahkan partai berlambang kepala banteng ini mendapatkan tambahan satu kursi menjadi empat kursi di DPRD Tarakan.

“Awalnya dari 3 menjadi 4 kursi. Untuk kader yang potensial dalam perhelatan pemilihan kepala daerah dan wakilnya, kami punya banyak sebenarnya yang siap untuk maju. Tapi, harapannya semoga pendaftaran berjalan baik dan kedepannya PDIP bisa menang dalam Pilkada Tarakan,” tandasnya

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Tarakan Mustakim menambahkan persyaratan pendaftaran salah satunya calon atau perwakilan yang datang akan diterima dan dilakukan brefing tata cara mengisi formulir.

“Ambil formulir pendaftaran, pengembaliannya selambat-lambatnya sebelum 30 April,” tambahnya.

Meski tidak ada kriteria khusus siapapun yang mendaftar, namun komitment untuk membangun Kota Tarakan juga akan menjadi tantangan setiap pendaftar nantinya. Kemudian nantinya hasil survei dari DPP ke DPC yang akan menentukan.

Baca juga : Muncul Asap di Lantai 3, Ratusan Pasien di RSUD dr. Jusuf SK Berhamburan Keluar 

“Ada juga sekolah kepartaian selama seminggu, nah hasil itu umpama ada 4 kan yang terpilih 1. Nah itulah yang dipastikan memenuhi syarat mengambil SK PDIP,” terangnya.

Ia berharap, calon yang mendapatkan dukungan PDIP agar bisa bersinergi di pemerintahan. Dalam arti PDIP yang mengutamakan demokrasi berlandaskan Pancasila, berjiwa gotong royong melihat wong cilik.

“Seandainya terpilih, misalnya dua periode, kemitraan PDIP harus sesuai dengan misi partai,” tegasnya.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 118 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Ini Alasan PKS Usung dr. Khairul Maju di Pilkada Tarakan

24 Mei 2024 - 10:20 WITA

blank

Ibrahim Ali Kantongi Rekomendasi Demokrat Maju Pilkada Tana Tidung

23 Mei 2024 - 10:59 WITA

blank

Diberi Rekomendasi Demokrat, dr. Khairul Diminta Cari Pasangan dan Parpol Koalisi

22 Mei 2024 - 21:59 WITA

blank

Ketua DPW PAN Tegaskan Rekomendasi Masih untuk Semua Cakada

21 Mei 2024 - 12:20 WITA

blank

PAN Rekomendasikan Hasan Basri Maju Cagub Kaltara

21 Mei 2024 - 09:37 WITA

blank

PPP Beri Rekomendasi Khairul Sebagai Calon Walikota Tarakan 2024-2029

20 Mei 2024 - 16:22 WITA

blank
Trending di Daerah