Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pemprov Kaltara · 30 Jul 2021 16:09 WITA ·

Gubernur Apresiasi Langkah Perusahaan Membantu Pemerintah Tangani Covid-19


Gubernur Kaltara Zainal bersama Wali Kota Tarakan dr. Khairul menyerahkan bantuan tabung oksigen dari PT. KPUC ke RSUD Tarakan. Foto : Diskominfo Kaltara. Perbesar

Gubernur Kaltara Zainal bersama Wali Kota Tarakan dr. Khairul menyerahkan bantuan tabung oksigen dari PT. KPUC ke RSUD Tarakan. Foto : Diskominfo Kaltara.

TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengapresiasi langkah perusahaan di Kaltara yang ikut berkontribusi dalam melakukan penanganan Covid-19. Hal ini terbukti, ketika salah satu perusahaan yang beroperasi di provinsi termuda ini menghibahkan sebagian tabung oksigennya untuk keperluan medis kepada pemerintah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara, saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kontribusi perusahaan untuk kepentingan pengendalian Covid-19,” kata Gubernur saat menyerahkan tabung oksigen secara simbolis kepada Plt. Direktur Utama RSUD Tarakan, Kamis (29/7/21).

Bantuan tabung oksigen ini, merupakan bantuan dari PT Kayan Putra Utama Coal (KPUC). Yang mana, sebanyak 20 tabung oksigen tersebut diperuntukan bagi kebutuhan medis di seluruh rumah sakit di Kaltara, khususnya bagi pasien yang mengalami gangguan pernafasan seperti pasien Covid-19.

Untuk diketahui, terus meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kaltara saat ini membuat persediaan kebutuhan oksigen di rumah sakit termaksud di Tarakan, semakin menipis.

Gubernur menjelaskan, dari 20 tabung oksigen yang dihibahkan setiap tabungnya memiliki kapasitas 6 kubik. Artinya, dalam sebulan PT KPUC membantu kebutuhan oksigen di seluruh rumah sakit di Kaltara sebanyak 3.600 kubik.

Gubernur berpesan, bagi seluruh bupati dan wali kota di Kaltara yang rumah sakitnya membutuhkan pasokan oksigen, dapat membawanya ke Tarakan untuk dilakukan pengisian di PT KPUC.

“Jadi, kalau mau bantuan oksigen dan di daerahnya ada tabung yang kosong, silahkan datang untuk mengisi di PT KPUC. Karena batuan ini akan dilakukan secara berkesinambungan,” tegas Gubernur.

Gubernur berharap langkah perusahaan ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk saling membantu dalam penanganan Covid-19 di Kaltara. Terlebih lagi dalam kondisi yang cukup darurat lantaran kasus terkonfirmasi positif kian meningkat.

“Saya juga doakan, apa yang dilakukan pemilik perusahaan ini dapat menjadi amal ibadahnya kelak,” harapnya.

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menyerahkan bantuan tabung oksigen ke RSUD Tarakan. Foto : Diskominfo Kaltara.

Sementara itu, pemilik perusahaan PT KPUC, Juanda Lesmana menambahkan, 20 dari 50 tabung oksigen yang dihibahkan ini akan disebar diseluruh rumah sakit di Kaltara. Terkait teknis pembagiannya, nanti akan ada tim lain yang mengatur.

“Kita akan lihat dari kebutuhan tabung yang ada di setiap daerah, tapi nanti ada tim yang mengatur semua itu, yang jelas di daerah mana saja yang butuh akan kita kasih, begitu juga kalau di daerah ada tabung yang kosong bisa kita isikan,” bebernya.

Terpisah, Plt. Direktur RSUD Tarakan dr. Fanky Siantoro sangat berterima kasih atas bantuan tabung oksigen yang di berikan oleh pengusaha PT KPUC melalui Gubernur Kaltara.

“Hari ini kita terima bantuan sebanyak 12 tabung yang di ke RSUD 6 tabung dan RSAL 6 tabung. Tapi kita dijanjikan akan terima tabung oksigen sebanyak 20 tabung perharinya. Hal ini sangat membantu serta meringankan kami dalam menghadapi kekurangan oksigen sehingga kami harus bersyukur untuk bantuan ini,” kata dr. Franky.

Ia menyebutkan, bantuan oksigen saat ini merupakan kebutuhan utama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dalam menghadapi masalah pada saat Covid-19 ini kan kebutuhan yang paling utama oksigen. Sedangkan untuk obat-obatan dan kebutuhan lainnya kami masih cukup dan masih tersedia,” tutupnya.(Adpim)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mulai 29 November, 806 Peserta Akan Ikuti SKB CPNS Kaltara

29 November 2021 - 11:32 WITA

Pemprov Tingkatkan Antisipasi Terhadap Bencana dan Konflik Sosial

28 November 2021 - 21:04 WITA

Jelajah Kearifan Lokal Kaltara, Mendes Kunjungi Desa Salimbatu

28 November 2021 - 11:01 WITA

Sejalan Dengan Presiden Jokowi, Wagub Inginkan Investor Kelola Hilirisasi Industri Kaltara

26 November 2021 - 14:35 WITA

Ditinjau Wagub, Kaltara Segera Punya Lab Kesehatan

26 November 2021 - 12:51 WITA

Gencarkan Pembangunan Kaltara, Gubernur Jalin Kerja Sama dengan Unpad dan PT ENM

25 November 2021 - 10:36 WITA

Trending di Advetorial