Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 16 Okt 2021 20:17 WITA ·

Persiapan Capai 70 Persen, KORMI Kaltara Siap Gelar Perlombaan Sambut HUT Kaltara


Ketua Panitia, Safril Husin Perbesar

Ketua Panitia, Safril Husin

TARAKAN – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Utara (HUT Kaltara) ke 9, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kaltara siap gelar sejumlah event olahraga.

“Insya Allah KORMI Kaltara bersama dengan seluruh induk organisasi yang sudah bergabung di KORMI Kaltara akan ikut memeriahkan HUT Kaltara dan ada beberapa event yang akan kita laksanakan,” jelas Safril Husin, Ketua Panitia sekaligus kepala Sekretariat KORMI Kaltara, Sabtu (16/10/2021).

Safril menjelaskan, ada beberapa event yang akan dilaksanakan di empat Kabupaten dan Kota di Kaltara. Salah satu event yang akan dilaksanakan di Tarakan yakni lomba layang-layang.

“Kenapa eventnya dilaksanakan di Tarakan karena terkait dengan venue (tempat) dimana angin di Pantai Amal cukup kencang,” ucapnya.

Kemudian lomba air softgun juga di Tarakan dan venuenya atau arena bermain sudah ada sendiri di bangunan – bangunan sekitar Islamic Center, Kampung 4 Kecamatan Tarakan Timur.

“Tapi masih minta persetujuan Walikota dulu, mudah mudahan untuk lokasi kegiatan di Tarakan bisa mendapat ijin karena masih PPKM level 4, mudah-mudahan didekat acara sudah turun levelnya,” harapnya.

Kemudian untuk mengasah otak, di gelar lomba mahyong dan domino karena memiliki induk organisasi yang berada di bawah KORMI.

“Kita akan menggelar mahyong dan domino yang dilaksanakan di Kabupaten dan Kota masing – masing, karena masing – masing memiliki induk organisasi di tingkat nasional. Mahyong dibawah induk POMAIN, domino dibawah induk organisasi Serikat Olahraga Tableto Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, untuk cabor yang dilaksanakan Kormi Kaltara ada 19 cabor, dan kebanyakan cabornya dilaksanakan di Bulungan termasuk nanti ada lomba mancing disepanjang sungai Kayan.

Selain 19 cabor tersebut, KORMI Kaltara juga berencana mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan seorang penggiat olahraga asal Tarakan Ibrahim Rusli.

“Mendengar informasi kan beliau mau lari dari Tugu Damai menuju jembatan Tanjung Palas dan kemudian berenang menuju Tugu Damai. Akan kita coba kemas, KORMI juga ada sumbangsih dalam rangka Ulang Tahun Kaltara”, katanya.

Barongsai juga akan dilaksanakan. Kemudian ada beberapa cabor yang masih awam didengar, seperti bola sundul juga akan digelar meskipun olahraga rekreasi ini masih belum familiar di Kaltara akan tetapi sudah dipertandingkan di tingkat nasional.

“Lomba bola sundul ini seperti main voli tapi disundul pake kepala. Untuk Barongsai akan kita eksbisikan dan dilaksanakan di Bulungan”, terangnya.

Selain itu akan digelar juga lomba tonis perpaduan tenis lapangan dan tenis meja yang akan dilaksanakan di Tarakan serta lomba street soccer seperti futsal tidak ada bola keluarnya. Olahraga ini digelar karena sudah memiliki induk organisasi di Kaltara.

“Untuk pelaksanaan lomba akan diadakan seminggu sebelum hari H HUT Kaltara tanggal 25 Oktober 2021. Lalu di acara puncak tanggal 25 akan diadakan doa bersama agar Kaltara bisa menuju lebih baik,” sambungnya.

Safril menambahkan, event seperti ini baru pertama kali digelar KORMI Kaltara, kemudian karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 pelaksanaan lomba digelar sederhana dan tetap menerapkan prokes. Ini dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

Panitia mengatakan, untuk persiapan event KORMI Kaltara saat ini sudah mencapai 70 persen termasuk promosi.

“Kami sudah sebarkan seluruh kegiatan lomba di medsos (Fb, Ig, wa grup) ada kontak person masing masing kegiatan yang di lombakan silahkan telpon no kontaknya,” pungkasnya. (Iik)

Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah