Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 11 Nov 2019 12:15 WITA ·

Bangun Kilang Nasional, Inilah Sederet Manfaatnya


					Bangun Kilang Nasional, Inilah Sederet Manfaatnya Perbesar

JAKARTA – Pembangunan megaproyek kilang nasional yang sedang dijalankan Pertamina, akan memberikan sederet manfaat yang besar terutama bagi pertumbuhan industri dalam negeri, penyerapan tenaga kerja serta penguatan keuangan negara.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Talullembang menyatakan, pembangunan dan modernisasi kilang nasional akan menggairahkan industri dalam negeri yang sejalan dengan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai 35%. Inilah peluang bagi industri dalam negeri untuk bermitra dan bersinergi dengan Pertamina, bersama-sama menyukseskan megaproyek pembangunan dan pengembangan kilang.

width"300"

“Pembangunan kilang adalah mimpi besar kita sebagai sebuah negara, karena akan menjadi sebuah energi besar yang akan menggerakkan industri nasional. Belajar dari pengalaman, pembangunan kilang dampaknya sangat signifikan dalam membangun sebuah kota industri dan perdagangan dengan pesat,” ujar Ignatius, (6/11/2019)

width"300"

Ignatius menambahkan, kota-kota yang dibangun kilang ekonominya akan tumbuh dengan cepat. Selain itu industri besar maupun kecil juga tumbuh signifikan.

“Pembangunan kilang akan menjadi simpul-simpul pertumbuhan ekonomi baru, karena sudah menjadi hukum ekonomi, di mana ada sumber energi di situ industri tumbuh,” kata Ignatius.

Pembangunan kilang, lanjut Ignatius, juga akan membuka lapangan pekerjaan yang besar. Tercatat lapangan kerja akan tercipta untuk 172 ribu orang, baik secara langsung maupun tidak langsung, sejak pekerjaan proyek sampai operasional berjalannya kilang.

width"400"

“Dengan terbukanya lapangan pekerjaan masyarakat akan mendapatkan sumber penghasilan sehingga daya beli meningkat yang pada gilirannya akan mendorong kehidupan masyarakat yang sejahtera,” ucap Ignatius.

Pertamina, tambah Ignatius, turut membantu menyiapkan SDM di lokasi pembangunan kilang agar memiliki keahlian dan keterampilan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Sesuai dengan kebijakan Pemerintah, Pertamina akan memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan kompetensinya. Masyarakat di wilayah operasi, harapannya bisa sama-sama maju dan berkembang bersama Pertamina,” tegas Ignatius.

Dari sisi pendapatan negara, terang Ignatius, pembangunan kilang juga akan memberikan dampak signifikan bagi keuangan negara. Cadangan devisa akan meningkat hingga 12 miliar dollar US per tahun dan penerimaan pajak yang diprediksi mencapai 109 miliar dollar US.

“Selama ini Pertamina tercatat sebagai kontributor tertinggi bagi keuangan negara melalui pajak, dividen dan signature bonus serta pemasukan lainnya. Inilah salah satu dedikasi Pertamina sebagai perusahaan negara dalam mendukung keuangan negara yang sehat,” pungkas Ignatius. (**/aii)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 52 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Tarif Listrik April-Juni 2024 Tetap, Pemerintah Perhatikan Daya Beli Masyarakat dan Dukung PLN Jaga Mutu Pelayanan

29 Maret 2024 - 11:55 WITA

blank

PLN EPI Gandeng Konsorsium Indokorea Gas Kembangkan Infrastruktur Midstream LNG di Nusa Tenggara

29 Maret 2024 - 08:19 WITA

blank

Disperindagkop Tana Tidung Bersama Bulog Manfaatkan Rumah Pangan Kita untuk Operasi Pasar Murah

29 Maret 2024 - 07:46 WITA

blank

Ada Upaya Penipuan Mengatasnamakan Rekrutmen Bersama BUMN, PLN Imbau Waspadai Pungli dan Cermati Informasi

28 Maret 2024 - 21:07 WITA

blank

Minggu 3 Puasa, Ini Daftar Harga Beras di Distributor

28 Maret 2024 - 12:04 WITA

blank

PLN Dukung Sinergi Kementerian BUMN dan TNI, Maksimalkan Sumber Daya Hingga Pengamanan Aset

27 Maret 2024 - 18:24 WITA

blank
Trending di Daerah