Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 11 Nov 2019 13:24 WITA ·

Tumbuhkan Ekonomi Kreatif, BI Dorong Pariwisata Kaltara Dikembangkan


Hendik Sudaryanto / Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara. Poto: Slamet/fokusborneo.com Perbesar

Hendik Sudaryanto / Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara. Poto: Slamet/fokusborneo.com

YOGYAKARTA – Obyek pariwisata di Provinsi Kalimantan Utara perlu dikembangkan demi mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif. Pengembangan wisata ini, bakal terus didorong Bank Indonesia Kaltara untuk menarik orang dari luar Kaltara dan berlama-lama tinggal.

“Semua komponen baik pemerintah maupun pelaku usaha bisa bersinergi tidak hanya dibebankan kepada pemerintah sendiri dalam mempercepat pengembangan wisata. Saya yakin jika semua komponen bersatu pengembangan pariwisata bisa cepat dengan asumsi infrastruktur tersedia,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara Hendik Sudaryanto usai membuka Pelatihan Capacity Building Wartawan ekonomi dan bisnis Kaltara di Yogyakarta, Sabtu (09/11/19).

Wisatawan mau datang kesuatu daerah biasanya ingin melihat dan mengunjungi tempat wisata atau ada sesuatu yang unik. Daya tarik wisatawan ini yang perlu dikembangkan sehingga orang betah tinggal di Kaltara.

“Orang datang itu ingin mencari hal yang spesifik hal ini perlu dipetakan di Kaltara. Sehingga orang datang bisa lama tinggal tidak langsung pergi dampaknya mereka mau membelanjakan uangnya disini,” ungkapnya.

Dampak banyaknya kunjungan wisatawan, bisa mendorong pertumbungan ekonomi seperti meningkatnya hunian hotel, pedagang oleh-oleh dan beberapa usaha lainnya. Pengembangan wisata ini juga bakal menumbuhkan ekonomi kreatif.

“Banyaknya tingkat kunjungan wisatawan dan orang betah tinggal pasti pulang bakal beli oleh-oleh. Kondisi ini akan memunculkan ekonomi kreatif seperti Tarakan punya produk khas makanan atau kaos begitu juga daerah lainnya ini bakal terus didorong BI Kaltara kedepannya,” tutupnya. (spo/aii)

Artikel ini telah dibaca 271 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Satu Bal Sabu Ditemukan di Lapas Tarakan, Diduga Dilempar Dari Luar dan Salah Sasaran

5 Desember 2021 - 15:37 WITA

Pengurus PCI Kaltara Resmi Dilantik, Siap Berjuang Tampil di PON 2024

4 Desember 2021 - 16:54 WITA

UMK Tarakan Tahun 2022 Ditetapkan Rp 3.774.378,35

4 Desember 2021 - 15:39 WITA

Pendapatan Naik 104 Persen, Bupati Ibrahim Ali Apresiasi PDAM KTT

4 Desember 2021 - 11:41 WITA

Luhut Panjaitan Kunjungi Provinsi Kaltara

3 Desember 2021 - 20:06 WITA

Persiapan Groundbreaking KIPI, 9 Perusahaan Mancanegara Siap Investasi di Kaltara

3 Desember 2021 - 20:00 WITA

Trending di Advetorial